IBNews Kerukunan

Dialog Lintas Agama FKUB Kubu Raya, Dorong Pembangunan Sekber

Kubu Raya (ikhlasberamalnews) – Salah satu dukungan program Kerukunan Umat Beragama di Tahun 2019 ini yang berbentuk program direktif adalah Dialog Lintas Agama dengan berbagai kalangan dan profesi yang langsung masuk dalam DIPA Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Indonesia. Tidak terkecuali dengan Kantor Kemenag Kabupaten Kubu Raya yang mendapatkan anggaran Dialog Lintas Agama Dengan Berbagai Kalangan dan Profesi di Tahun 2019 ini dalam DIPA Subbag Tata Usaha.

Untuk itu terjadwal mengadakan dialog ini pada Hari Kamis Tanggal 2 Mei 2019 di Qubu Resort bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Salah satu pembicaranya adalah Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Aris Sujarwono,M.H yang mendapatkan jadwal dari Jam 10.00 – 12.00 WIB.

Dihadapan 50 peserta yang terdiri dari FKUB Kabupaten Kubu Raya, Tokoh Ormas dan Tokoh Majelis 6 Agama ini, Aris Sujarwono menyampaikan dukungan Program Kerukunan Umat Beragama yang dimiliki oleh Kementerian Agama bagi FKUB khususnya dan Kerukunan Umat Beragama secara umum.

Mantan Kasi Pemberdayaan KUA Bidang Urais Binsyar ini menyampaikan bahwa tercatat dalam sejarah yang menyampaikan Istilah “ Kerukunan Umat Beragama “ Adalah Menteri Agama Republik Indonesia kala itu yaitu, KH.M. Dachlan yang disampaikan dalam Musyawarah Antar Agama pada Tanggal 30 November 1967. Dan sampai saat ini, Kementerian Agama lah yang paling konsisten dalam memberikan anggaran bagi tegaknya kerukunan umat beragama di Indonesia ini.

Dimulai dari Musyawarah Antar Agama di Tahun 1967 itu, maka mulai timbullah berbagai regulasi yang mendukung Program Kerukunan Umat Beragama. Terakhir adanya Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 yang salah satu tugasnya adalah pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

Dan Kementerian Agama juga selalu menganggarkan Bantuan Operasional FKUB disetiap tahun anggaran. Untuk Provinsi dialokasikan sebesar 60 juta dan untuk FKUB Kabupaten/Kota sebanyak 50 juta. Terjadi kenaikan cukup signifikan, dimana di tahun 2011 hanya mendapat 25 juta rupiah, ini berarti Kementerian Agama sangat peduli dengan FKUB, ujar Aris Sujarwono yang disambut tepuk tangan peserta dialog.

Selain itu pula, Kementerian Agama istiqomah menjalankan amanah PBM Nomor 9/8 Tahun 2006 itu tentang pembangunan Sekretariat Bersama FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota. Paling tidak sampai akhir 2014 telah berdiri 10 sekretariat bersama FKUB di Provinsi Kalbar dan 9 di Kabupaten/Kota. Kendala tidak lanjutnya pembangunan ini dikarenakan moratorium pemerintah yang melarang pembangunan kantor, salah satunya termasuk Sekretariat FKUB.

Dan akibat dari Moratorium itu berdampak pula terhadap FKUB Kabupaten Kubu Raya yang sampai saat ini belum memiliki Sekretariat bersama. Sehingga sulit melaksanakan rapat dan pertemuan serta berbagai hal lainnya. Padahal menurut Sekretaris FKUB Kubu Raya yang mendukung Aris Sujarwono menyatakan bahwa Kubu Raya begitu luas dan sangat heterogen. Masyarakat disini erat berdampingan satu dengan yang lain. Rumah ibadah juga berdiri berdekatan, saling toleran dan menjunjung tinggi kerukunan, ini tampak di Kubu Raya, jelas Fathoni.

Untuk itu, Aris Sujarwono akan berupaya mendorong dimunculkan kembali anggaran pembangunan sekretariat bersama FKUB dalam DIPA Kementerian Agama. Dan Kubu Raya akan menjadi salah satu prioritas yang diusulkan di 2020 menurut Aris. Selain itu pula Aris Sujarwono telah berkoordinasi dengan Kasubbag TU Kemenag Kubu Raya dan Tim Perencana mereka, agar mengusulkan Desa Sadar Kerukunan sebagai Inovasi Program Kementerian Agama dalam penguatan kerukunan umat beragama diakar rumput.

“2020 selain kita usulkan Sekretariat FKUB, juga kita tambah anggaran dengan Desa Sadar Kerukunan”,tambah Aris. Karena menurut pengurus FKUB Kabupaten Kubu Raya, Bupati Kubu Raya sangat mendukung dan siap berpartisipasi dalam program kerukunan umat beragama ini. Bahkan siap memberi lahan dan menghibahkan agar bisa dibangun Sekretariat FKUB di Kubu Raya.

Namun Aris Sujarwono juga mengharapkan agar FKUB Kubu Raya harus memperluas akses informasinya, semua kegiatan diinfokan, baik di Kemenag Kabupaten terlebih di Provinsi. Sehingga Kanwil Kemenag Prov.Kalbar bahkan PKUB tahu bahwa FKUB Kubu Raya benar melaksanakan programnya, dan bisa di beri award nantinya baik oleh Kanwil maupun oleh pusat.

Ketua dan pengurus FKUB Kubu Raya sangat berterima kasih terhadap penyampaian dan materi dari Aris Sujarwono, Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Prov.Kalbar. Seakan mereka mendapat stimulus dan dorongan angin segar kembali untuk terus menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di Kalimantan Barat umumnya dan Kubu Raya khususnya. Akhir dari dialog ini dilakukan foto bersama. ( AS )

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: