IBNews Kerukunan

Dukung FKUB Kabupaten Sanggau Untuk Tetap Solid

Sanggau (ikhlasberamalnews) – Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) merupakan sebuah wadah yang dibentuk bersama oleh para tokoh perwakilan ormas agama yang di Indonesia. Keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan Implementasi dari Peraturan Bersama Menteri ( PBM ) Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 yang salah satu isinya tentang pemberdayaan FKUB. Sejak tahun 2006 hingga 2019 ini, hampir semua Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia ini telah berdiri FKUB.

Begitu pula dengan Kabupaten Sanggau, FKUB telah terbentuk melalui Surat Keputusan Bupati Sanggau Nomor 194 Tahun 2019. Sesuai amanah Peraturan Bersama Menteri diatas, komposisi pengurus sebanyak 17 orang yang sesuai dengan jumlah umat beragam setempat. Namun dalam perjalanan beberapa waktu ini, Ketua FKUB yang terpilih yaitu Lohin Binus Stefanus dalam kondisi sakit parah sehingga sulit untuk menggerakan anggota dalam melaksanakan program kerja yang ada.

Berdasarkan alasan tersebut dan juga untuk mengejar realisasi Program Kerukunan Umat Beragama di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, maka Plh. Kasubbag TU mengadakan inisiatif mengadakan rapat terbatas dengan pengurus FKUB Sanggau periode 2019 – 2024 dengan mengundang Kasubbag Hukum & KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Aris Sujarwono, MH selaku leading sector program kerukunan umat beragama melalui surat dengan nomor B-1689/KK.14.08/HM.01/08/2019 tertanggal 07 Agustus 2019 untuk mengadakan rapat bersama dengan pengurus FKUB.

Pertemuan ini dilaksanakan di ruang Kasubbag Tata Usaha pada Hari Kamis 8 Agustus 2019 dan dihadiri oleh 8 ( delapan ) orang, 2 Pejabat Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, serta 5 ( lima ) orang pengurus FKUB Kabupaten Sanggau. Beberapa pengurus lainnya tidak dapat hadir dikarenakan dalam kondisi kurang sehat dan berada diluar kota. Aris Sujarwono selaku Kasubbag Hukum & KUB hadir bersama pelaksana, H.Suwarto Dwi Setiawan,S.HI dengan surat tugas dari Ka.Kanwil Kementerian Agama Prov.Kalbar Nomor B-2767/Kw.14.1/3/KP.01.2/08/2019 tertanggal 7 Agustus 2019 untuk melaksanakan monitoring di Sanggau dari Tanggal 7 sampai 9 Agustus 2019.

Mukaddimah disampaikan oleh Wakil Sekretaris FKUB, Fathur Rokhman,S.Sos yang menceritakan alasan dan sebab dilaksanakannya rapat tersebut sebagai respon dari belum adanya realisasi program Kerukunan Umat Beragama dari Kantor Kemenag Kab. Sanggau, ditambah dengan keberadaan Ketua FKUB yang dalam kondisi sakit parah dan dibutuhkan waktu cukup lama untuk pemulihannya. Sehingga koordinasi via Ponsel dan surat dari Plh. Kasubbag Tata Usaha kepada Kasubbag Hukum & KUB, Aris Sujarwono,MH untuk menghadiri rapat tersebut.

Penyampaian laporan dan kondisi singkat FKUB Kabupaten Sanggau juga disampaikan oleh Wakil Ketua, Pendeta Suyono Asun,M.Th yang bercerita kondiisi kesehatan Ketua FKUB mereka, dilanjutkan dengan terlambatnya memasukan proposal kegiatan kepada Pemda Kabupaten Sanggau dan belum pastinya pelantikan, sehingga seakan kondisi FKUB Kabupaten Sanggau saat ini stagnan dan vakum secara organisasi. Untuk itu, Pendeta Suyono meminta masukan dan arahan kepada Kasubbag Hukum & KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar terkait langkah yang mereka ambil selaku pengurus demi menggerakan organisasi FKUB ini.

Aris Sujarwono, M.H terlebih dahulu menceritakan tentang perjalanan awal keberadaan FKUB dan program unggulan apa saja yang dilakukan Kementerian Agama Republik Indonesia yang menjadi program turunan sampai ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau. Pemerintah pun menganggap Kerukunan Umat Beragama merupakan sebuah program vital dan penting, sehingga semua kegiatan menjadi RKP ( Rencana Kerja Pemerintah ) yang tidak boleh direvisi oleh program lain.

Tak sekedar itu, Aris Sujarwono juga mendukung dan memberi kita apa saja yang harus dilakukan oleh sebagian pengurus FKUB Kabupaten Sanggau untuk menunjukan programnya kepada Pemerintah Kabupaten. Sebagai penambah semangat bagi pengurus FKUB Kab.Sanggau, Aris Sujarwono juga menceritakan kesuksesan sinergitas antara FKUB di 2 Kabupaten/Kota di Kalbar dengan pemerintah daerah mereka setempat. Dukungan yang besar pun dikucurkan, bahkan mobil operasional diberikan serta operasional FKUB yang bernilai ratusan juta rupiah. Semua ini sebagai bentuk penyemangat bagi para punggawa kerukunan di daerah mereka.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Sanggau yang juga Ketua PC. Nahdlatul Ulama, Drs. H.Toyib Saefuddin dalam hal ini sebagai Wakil Ketua FKUB merasakan bahwa Kabaupaten Sanggau merupakan daerah yang aman bagi dirinya selaku masyarakat yang bukan berasal dari Kalimantan Barat. Bahkan kerukunan di Sanggau pernah termuat oleh siaran salah satu TV Swasta nasional yang meliput betapa rukunnya ketika Masjid berdampingan dengan Klenteng. Dan masih banyak lagi cerita kerukunan lainnya di Kabupaten Sanggau.

Kasubbag Hukum & KUB, Aris Sujarwono mendukung sekali hal tersebut. Jika semakin digerakan oleh FKUB melalui program yang mereka miliki, ditambah dengan share informasi kegiatan ke media online atau media cetak serta dukungan dari Bupati Sanggau, bukan tak mungkin Sanggau akan menjadi salah satu icon kerukunan di Kalbar bahkan di dunia. Tentunya ini menjadi tugas kita bersama dalam mewujudkan nya, baik Kementerian Agama, FKUB , Pemerintah Daerah dan seluruh tokoh agama dan masyarakat yang cinta kerukunan dan kedamaian.

Sebelum rapat selesai, Aris Sujarwono berharap biaya operasional FKUB Kabupaten yang terakomodir dalam DIPA Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Sanggau dapat segera dicairkan. Meski kondisi Ketua FKUB masih sakit, ada beberapa langkah yang sesuai dengan regulasi untuk mengajukan dan mencairkan dana tersebut. Sehingga dengan dukungan dana, para pengurus FKUB Kabupaten Sanggau lebih solid dan semakin semangat dalam menjalankan visi dan misi sebagai punggawa kerukunan di Kabupaten Sanggau, untuk menjaga Kalimantan Barat tetap damai dan aman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Amin Insya Allah ( AS )

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: