IBNews Haji dan Umrah

Seleksi Petugas Media Center Haji 2019

MCH 2019

Jakarta (ikhlasberamalnews) – Kementerian Agama kembali membuka seleksi calon anggota Media Center Haji (MCH) 2019. MCH merupakan salah satu unsur dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang berasal dari Media seperti televisi, online, radio dan media cetak fotografer jurnalistik profesional, serta pelaksana Humas Kementerian Agama yang berasal dari Humas Eselon I Pusat, Subbag Informasi dan Humas Kanwil, dan Humas pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ada sebanyak 27 kuota tersedia untuk anggota tim MCH 1440H/2019M, terdiri dari 23 kuota jurnalis media, 2 kuota untuk fotografer profesional dan 2 kuota untuk Humas Kemenag.

Menurut surat Pengumuman yang dirilis Biro Humas, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama tentang Seleksi Calon Anggota Media Center Haji (MCH) Tahun 2019 bernomor NO: B-070-010/B.VIII.1/HM.00/3/2019 tanggal 11 Maret 2019 yang ditandatangani Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Mastuki bahwa proses seleksi akan dilaksanakan dalam empat tahap yakni seleksi administrasi, presentasi program, tertulis dan wawancara.

Prosedur dan Syarat Seleksi Calon Anggota MCH Kemenag 2019 terdapat pada lampiran surat, seperti Persyaratan Umum berikut:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Beragama Islam;
  3. Berusia antara 25 – 50 tahun per 1 Juli 2019;
  4. Berlum pernah berhaji;
  5. Bagi perempuan, tidak dalam kondisi hamil dan memperoleh izin dari suami (bagi yang bersuami);
  6. Dapat mengoperasikan aplikasi berbagi dokumen;
  7. Bersedia membawa peralatan sendiri yang diperlukan dalam melaksanakan tugas MCH;
  8. Bersedia mengikuti prosedur dan rangkaian seleksi, pembekalan dan pelatihan sebagai calon anggota MCH yang diselnggarakan Kementerian Agama;
  9. Bersedia menandatangani Pakta Integritas dan memenuhi Key Performance Indicator (KPI) sebagimana termuat dalam Pakta Integritas.
Pengumuman Seleksi MCH 1440H/2019M
Pengumuman Seleksi MCH 1440H/2019M

Sedangkan Persyaratan Khusus Jurnalis diantaranya:

  1. Berasal dari media yang Terverifikasi Administrasi dan Faktual oleh Dewan Pers;
  2. Memiliki pengalaman sebagai jurnalis minimal 5 (lima) tahun;
  3. Memiliki pengetahuan dan pengalaman cukup dalam pemberitaan penyelenggaraan ibadah haji;
  4. Diutamakan memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Jurnalistik;
  5. Diutamakan memiliki kemampuan video jurnalistik;
  6. Pendaftaran dilakukan oleh media dan diajukan minimal oleh Pemimpin Redaksi.

Pengumuman selengkapnya termasuk syarat ketentuan dan formulir pendaftaran, silakan klik pranala berikut: Pengantar – Syarat Prosedur Seleksi MCH – Formulir

 

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: