IBNews Pendidikan Islam

Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama, MAN Insan Cendekia Jambi Bakti Sosial ke Masyarakat Suku Anak Dalam

Jambi (ikhlasberamalnews) – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi (MAN IC Jambi) sebagai prototype madrasah akademis berbasis riset terus berkomitmen menjadi madrasah percontohan bagi madarasah lainnya baik di tingkat provinsi maupun nasional. Menggunakan nama Insan Cendekia sejak 2013, saat ini MAN IC Jambi menjadi salah satu MAN IC terbaik se-Indonesia. MAN IC Jambi menitikberatkan kepada kegiatan akademis berbasis imtaq dan iptek.

Selain itu, pengembangan kepribadian dan karakter siswa MAN Insan Cendekia Jambi juga terus dilakukan. Hal ini diharapakan dapat menjadi bekal siswa untuk menjadi pemimpin masa depan. Salah satunya dengan cara bakti sosial atau berkegiatan terjun langsung kepada masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapat di sekolah.

Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Student Research Center (Sturec), MAN Insan Cendekia Jambi melaksanakan bakti sosial dan penelitian kepada masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di Kawasan Desa Muara Medak, perbatasan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Kelompok ini dipilih oleh MAN IC Jambi sebagai lokasi bakti sosial karena dianggap sangat membutuhkan. Lokasi bakti sosial ditempuh menggunakan perjalanan darat selama 3 (tiga) jam dan diteruskan menggunakan jalur air dengan menggunakan perahu kecil selama 45 menit.

Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan pada Sabtu, 9 Maret 2019 dari pukul 05.30 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB ini diikuti oleh 15 siswa, 2 guru pendamping dan 1 orang driver bus kampus. Kegiatan bakti sosial ini berupa pengajaran ilmu pengetahuan umum dan pendidikan keagamaan kepada anak-anak yang berada di lokasi tersebut. Selain itu, panitia bakti sosial juga memberikan sembako (sembilan bahan pokok) kepada masyarakat SAD sebagai cinderamata dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

M. Basil Musyaffa Amin (siswa kelas X MIA1, asal Tangerang, Banten) selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ke-II setelah yang pertama dilaksanakan pada tahun 2018. Panitia menyiapkan kegiatan ini selama 3 (tiga) minggu mulai dari pembentukan panitia, pengurusan izin hingga eksekusi di hari H. “Persiapan selama 3 minggu dan Alhamdulillah acara berjalan lancar, namun sedikit terkendala dengan keterlambatan kami tiba di lokasi bakti sosial”, ujarnya. Kegiatan ini terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama antara MAN Insan Cendekia Jambi dan komunitas SEAD (Sobat Eksplorasi Anak Dalam) Jambi juga atas bantuan dana dari siswa, orang tua dan donatur.

Kegiatan ini sangat positif dan akan mengembangkan kepribadian siswa dan juga meningkatkan kepekaan sosial siswa terhadap sesama. Chairul Wahyudi, S. Pd selaku pembimbing kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini baiknya menjadi program rutin yang terus dilaksanakan dengan terus menambahkan inovasi hasil penelitian siswa Student Research Center (Sturec). “Baiknya kegiatan ini menjadi program rutin dan terus dikembangkan agar manfaatnya lebih dapat dirasakan oleh SAD”, tambahnya.

Hendriskati Hoktovianus, S. Pd, M. Pd, selaku Kepala MAN Insan Cendekia Jambi sangat mengapresiasi perjuangan tim MAN Insan Cendekia Jambi untuk melakukan bakti sosial kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. “Bakti Sosial MAN Insan Cendekia Jambi kepada Masyarakat Suku Anak Dalam yang baru memeluk agama Islam ini, sangat cocok untuk dilaksanakan karena selain mereka membutuhkan bimbingan, tim MAN IC Jambi juga dapat mengimplementasikan ilmunya yang didapat disekolah kapada masyarakat secara langsung.”, tandasnya.

MAN Insan Cendekia Jambi terus mengembangkan diri agar dapat menjadi instansi pendidikan yang unggul dengan prestasi, mandiri dan juga islami. Harapannya, kehadiran MAN Insan Cendekia Jambi dapat menebar manfaat dan kebaikan kepada sesama guna terus mempererat simpul ke-Bhineka Tunggal Ika-an di Indonesia. (Chairul Wahyudi)

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: