kemenag

10 Siswa Madrasah Aliyah Terima Penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Sepuluh siswa madrasah aliyah binaan Kementerian Agama menerima penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020. Penghargaan ini akan diberikan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 yang digelar Kemendikbud secara daring, 27 – 30 Desember 2020.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan, sepuluh siswa tersebut berasal dari enam madrasah. Tiga madrasah adalah peraih penghargaan karena prestasi tingkat nasional. Ketiganya adalah MAN 2 Kota Malang (3 siswa), MAN IC OKI (1 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa).

“Tiga madrasah lainnya karena prestasi tingkat internasional, yaitu: MAN IC Serpong (2 siswa), MAN 2 Kota Malang (2 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa),” terang Ahmad Umar di Jakarta, Rabu (23/12).

Menurutnya, ajang ini digelar oleh Pusat Prestasi Nasional, Setjen, Kemendikbud. Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta didik berprestasi Indonesia yang meraih medali emas pada kegiatan kompetisi, lomba, dan festival yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Tahun 2020 di tingkat nasional dan internasional. 

“Peserta yang diundang berjumlah 677 peserta didik berprestasi di bidang Sains, Teknologi, dan Inovasi; bidang Seni, Bahasa, dan Literasi; bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani; serta bidang Vokasi dan Kewirausahaan, mulai dari jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Tinggi,” jelasnya.

“Tujuan kegiatan ini antara lain memberikan wadah silaturahmi, berbagi gagasan, menjalin kolaborasi, mendeklarasikan mimpi, dan cita-cita para generasi berprestasi Indonesia,” lanjutnya. 

Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah mengatakan lima siswanya akan mendapat penghargaan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020. Tiga siswa karena meraih prestasi nasional, yaitu: Habibah Azmiyatus Sholihah (medali emas bidang Kimia Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2020), Hafidza Fatma Yona (medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KoPSI 2020), dan Siti Andriani (medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020)

Dua siswa lainnya, mendapat prestasi internasional. Yaitu, Rafa Nanda Akilah (medali perak atau silver medal Global e-Comeptition  Astronomy and Astrophysics atau GeCAA yang merupakan pengganti ajang IOAA 2020), dan Lugas Firdinand Hamdi (medali perunggu atau bronze medal International distributed Physics Olympiad atau IdPho 2020)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: