kemenag

2.519 Peserta Ikuti Ujian Daring UM-PTKIN UIN Walisongo

Semarang (ikhlasberamalnews) — Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), 3-5 Agustus 2020. Ada 2.519 peserta yang ikut ambil bagian dari 2.526 pendaftar pada UM-PTKIN UIN Walisongo.

Secara nasional, UM-PTKIN dengan SSE ini diikuti 132.929 atau 85% dari total pendaftar yang mencapai 155.982 orang. “Sistem Seleksi Elektronik menurut saya sesuai dengan apa yang saat ini dikembangkan oleh UIN Walisongo dengan smart and green campus,” kata Rektor Universitas Islam UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq saat memantau pelaksanaan UM-PTKIN di kampus Jrakah, Rabu (05/08).

Meski kali pertama kali diselenggarakan, UIN Walisongo siap dengan UM-PTKIN berbasis SSE. Sebab, kampus ini sedang melakukan transformasi digital dalam pelayanan akademik, administrasi dan kemahasiswaan.

“Para mahasiswa UIN Walisongo sejak awal akan terbiasa melakukan proses layanan akademik secara digital dan sistem seleksi elektronik menjadi awal yang baik untuk mahasiswa,” lanjut Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Walisongo ini.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Walisongo Mukhsin Jamil mengatakan UM-PTKIN SSE memaksa PTKI untuk memperkuat infra struktur IT termasuk menyiapkan sumber daya manusianya. “Ini langkah yang sudah semestinya dilakukan Kementerian Agama menyambut industri 4.0 yang serba digital”, katanya.

Mukhsin menyadari saat ini tidak semua wilayah di Indonesia terjangkau internet dengan baik yang kadang menyulitkan mahasiwa. Belum lagi soal tingkat ekonomi masyarakat berbeda-beda terutama penyediaan kuota data internet.

Ditanya kesiapannya menyambut mahasiswa baru, Mukhsin Jamil memaparkan UIN Walisongo telah dan sedang melakukan penguatan infrastruktur IT, agar mahasiswa dan dosen mudah dalam melakukan pembelajaran daring. Uin juga menyediakan e-learning untuk pembelajaran jarak jauh yang disebut Walisongo e-learning untuk proses PBM dan Mikrosof Akun 365 untuk proses belajar mengajar. 

Menurut Data UM-UIN Walisongo, secara umum animo masyarakat untuk belajar di UIN Walisongo terus meningkat setiap tahun. Prodi-prodi yang cukup diminati ada di hampir semua fakultas, seperti Ekonomi Syariah, Teknologi Informasi, Pendidikan Agama Islam, Psikoogi dan Kesehatan, KPI, Ilmu Al Quran dan Tafsir dan juga Arsitektur Islam.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ruchman Basori saat melakukan monitoring dan evaluasi mengatakan pelaksanaan UM-PTKIN pada UIN Walisongo berjalan lancar, infrastruktuktur IT juga memadai dan sumber daya manusianya siap. Turut memantau juga, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Adnan dan Ketua PTIPD UIN Walisongo Lulu Choirunnisa. (RB)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: