kemenag

Alih Status, Wamenag Harap UHN Makin Berkontribusi Rawat Kerukunan

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar telah beralih status menjadi Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa. Ini menjadi Universitas Hindu Negeri Pertama di Indonesia.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi berharap alih status ini memperkuat peran dan kontribusi UHN dalam merawat kerukunan.

“Selamat kepada seluruh keluarga besar UHN IGB Sugriwa, dengan syarat yang memadai dan memenuhi kriteria, semoga dengan bertransformasi dari Institut menjadi Universitas, akan semakin lebih baik lagi, baik membangun kehidupan keagamanan dan kerukunan di Bali,” harap Wamenag saat memberikan pembinaan civitas akademika UHN di Denpasar, Selasa (08/12).

Alih status IHDN menjadi UHN ini rencananya akan diresmikan oleh Menag Fachrul Razi pada akhir Desember 2020.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan, kehadiran Wamenag memotivasi civitas akademika untuk membangun UHN IGB Sugriwa kearah lebih baik.

Menurutnya, setelah menjadi Universitas, tanggungjawab kampus akan lebih besar dalam membangun sumber daya manusia di pulau Dewata. Kampus harus terus dapat menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks, dengan mengedepankan nilai-nilai yang humanis ditengah masyarakat.

“Dengan integrasi keilmuan antara ilmu agama dengan ilmu umum, harus seiring sejalan antara tindakan dan pemikiran dari civitas akademika. Mengedepankan nilai-nilai yang humanis akan menjadi kekuatan kampus. Tidak hanya melahirkan dan menjadikan seorang ahli tetapi juga beriman dan berbudi pekerti tumbuh dan berkembang di dalamnya,” papar I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana memandang, akhir-akhir ini, di tengah masyarakat ada nilai-nilai spiritualisme dan nilai agama yang mulai mengering, karena dipengaruhi oleh komersialisme. Untuk itu, lanjut Rektor, civitas akademika UHN IGB Sugriwa mempunyai peran penting dalam menjaga nilai-nilai religius di Bali yang sudah lama ada.

“Nilai-nilai religius di masyarakat Bali harus terus dijaga. Spiritualisme harus menjiwai kampus ini. Jangan berhenti dalam satu titik. Harus banyak berinovasi. Kekuatan Perguruan Tinggi ada pada kualitas penelitiannya. Mari sama-sama kita bangun dan kembangkan UHN IGB Sugriwa menjadi lebih baik yang akan dikenal baik lokal, nasional hingga internasional,” ajak I Gusti Ngurah Sudiana.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: