kemenag

Antisipasi Corona, Ratusan Ribu Siswa Madrasah Aceh Belajar di Rumah

Antisipasi Corona, Ratusan Ribu Siswa Madrasah Aceh Belajar di Rumah

  • Selasa, 17 Maret 2020 14:42 WIB

Plt Kakanwil Kemenag Aceh, H Djulaidi (Foto: Sugito)

Banda Aceh (ikhlasberamalnews) — Aktivitas pembelajaran  244.964 siswa madrasah mulai dari MI, MTsN hingga MA di Tanah Rencong, Provinsi Aceh selama dua pekan ke depan dilakukan di rumah masing-masing. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pencegahan dan penyebaran Covid – 19.

Menurut Plt Kakanwil Kemenag Aceh H. Djulaidi, peralihan aktivitas belajar dari sekolah ke rumah bagi siswa madrasah yang tersebar di 23 kabupaten/kota itu menyusul surat edaran Menteri Agama dan Dirjen Pendidikan Islam serta koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

Surat edaran Menag tersebut berisi tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan Kementerian Agama.

“Berdasarkan surat edaran Menteri Agama dan Dirjen Pendis serta koordinasi dengan Pemprov Aceh, mulai 16 hingga 28 Maret pelaksanaan pembelajaran di Madrasah dilakukan di rumah,” kata Djulaidi ditemui di Kanwil Kemenag Aceh, Kota Banda Aceh, Selasa (17/03).

Menurut Djulaidi, menindaklajuti surat edaran tersebut, pihaknya sudah meminta kepada kepala satuan pendidikan untuk menginformasikan kepada orang tua siswa untuk melakukan pengawasan serta memastikan siswa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah.

“Kami juga mengimbau madrasah untuk menunda kegiatan lomba pendidikan dan study tour. Sementara kepala madrasah, pengawas, guru dan tenaga administrasi masuk kerja seperti hari biasa. Imbaun tersebut sudah kami teruskan melalui surat edaran nomor 1 tahun 2020 Kanwil Kemenag Aceh,” ujarnya. 

Selain itu seluruh rumah ibadah agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Khusus masjid dan mushola diimbau untuk menggulung karpet, mencuci mukena, sarung dan sajadah secara rutin.

“Kepada umat muslim kami sarankan memperbanyak doa dan dzikir serta amalan lainnya agar dijauhkan dari bencana,” tandas Djulaidi.


Sumber : –

Penulis : benny andriyos

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: