kemenag

Apresiasi Kerukunan Bali, Menag: Modal Membangun

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi kehidupan dan kerukunan umat beragama yang sudah berlangsung lama di Bali. Menurutnya, hal itu merupakan modal dasar dalam membangun bangsa.

“Saya sangat mengapresiasi kerukunan umar beragama di Bali,” kata Menag Fachrul Razi, saat bertemu tokoh lintas agama, sekaligus meresmikan gedung SBSN dan merilis Studio Sukma Podcast di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Senin (21/12).

Disampaikan Menag, eratnya relasi antar pemeluk agama, suku, kelompok di pulau dewata menjadi modal dasar pembangunan nasional.

Foto (Sugito)

“Kerukunan modal membangun bangsa. Tidak ada bangsa yang bisa maju, jika konflik sosial terus menerus terjadi,” pesannya.

Dijelaskan Menag, kerukunan antar umat beragama harus diawali dengan cara pandang, sikap dan perilaku keagamaan yang moderat. Diperlukan juga pemikiran terbuka terhadap perbedaan dan memberi manfaat bagi sesama. Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Sehingga, diperlukan seni dalam merawatnya, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan keluarga.

“Mari kita gunakan pengaruh masing-masing dalam lingkup nasional, regional maupun komunitas keluarga, dengan menanamkan nilai kebersamaan, cinta kasih, perdamaian dan membiasakan diri menyelesaikan persoalan tanpa kekerasan,” ajak Menag.

Foto (Sugito)

Terkait gedung SBSN yang baru diresmikan, Menag Fachrul Razi berharap bisa dioptimalkan dalam peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. “Masyarakat menuntut kita memberikan layanan yang semakin berkualitas,” tegas Menag.

foto (Sugito)

Kakanwil Kemenag Bali, Komang Sri Marheni, menyampaikan terimakasih kepada Menag Fachrul Razi, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko, dan Rektor UHN IGB Sugriwa yang sudah menyempatkan diri bertemu dengan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Bali.

“Terimakasih Pak Menteri, yang telah mempercayakan kepada kami, sebagai perempuan pertama untuk memipin Kanwil Kemenag Provinsi Bali,” kata Komang Sri Mahreni.

Foto (Sugito)

Komang Mahreni juga menyampaikan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Bali akan selalu menyatukan masyarakat Bali agar senantiasa rukun, damai, sejahtera menuju Indonesia Maju.

Sementara gedung yang diresmikan Menag Fachrul Razi melalui dana SBSN adalah MAN 1 dan MAN 2 Jembrana, KUA Karangasem, KUA Kabupeten Bangli, dan PLHUT Kabupaten Buleleng. Pereamian ditandai dengan penandatanganan prasasti, termasuk prasasti launching studio Sukma Podcast di Kanwil Kemenag Provinsi Bali.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: