kemenag

Bersama Balai Litbang Agama, PKUB Gelar Workshop Manajemen Deteksi Dini Penanganan Isu Kerukunan Umat Beragama

Bersama Balai Litbang Agama, PKUB Gelar Workshop Manajemen Deteksi Dini Penanganan Isu Kerukunan Umat Beragama

  • Kamis, 10 Desember 2020 07:12 WIB

Foto: PKUB

Bogor (ikhlasberamalnews) –  Kementerian Agama tengah mengembangkan aplikasi sistem deteksi dini konflik dan penanganan isu kerukunan umat beragama atau mobile harmoni yang akan mulai uji publik pada 2021 mendatang. 

Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) bersama Badan Litbang dan Diklat melakukan serangkaian Workshop Manajemen Deteksi Dini Penanganan Isu Kerukunan Umat Beragama tahun 2020 untuk sosialisasi aplikasi tersebut. Untuk provinsi Jawa Barat digelar di Bogor, 7 s.d. 9 Desember 2020 kemarin dan dibuka secara resmi secara daring oleh Kakanwil Kemenag Jabar Adib.

Workshop diikuti  80 orang peserta yang berasal dari penyuluh agama dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Bogor, ASN Kemenag Kab. Bogor, dan ASN Balai Litbang Agama Jakarta. Hadir sebagai narasumber, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Achmad Gunaryo, Dosen Universitas Pertahanan Indonesia Ichsan Malik, dan Peneliti Pada Balai Litbang Agama Jakarta Rudi Harisah Alam.

Berita terkait:  Luncurkan Pangkalan Data FKUB, Menag Dukung Setiap Upaya Penguatan Forum Kerukunan

Baca juga:  Kemenag Siapkan SOP dan Regulasi Sistem Deteksi Dini Konflik Keagamaan

Sebelumnya, Kepala PKUB Nifasri berharap, sistem berbasis aplikasi ini dapat mengakselarasi dan mendeteksi dini isu-isu keagamaan di Indonesia.  “Kita optimis, sistem ini dapat digunakan untuk mempercepat laporan deteksi dini isu-isu keagamaan,” harap Nifasri.

Ia menambahkan,  selain asplikasi deteksi dini isu-isu keagamaan, Kemenag tengah mengembangkan Peta Kerukunan Umat Beragama dan meluncurkan Pangkalan Data FKUB . “Sistem ini membantu untuk penanganan potensi konflik yang ada,” jelas Nifasri. 

Berita terkait:Rakornas FKUB Rekomendasikan Penguatan PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006 Jadi Perpres


Sumber : PKUB

Penulis : Kontri

Editor : dodo

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: