kemenag

Bertahap, Penyerahan SK CPNS Kemenag Terus Berjalan

Makassar (ikhlasberamalnews) — Penyerahan Surat Keputusan CPNS Kementerian Agama terus berjalan. Setelah Kanwil Kemenag Yogyakarta dan Riau, kini giliran Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Sebanyak 304 SK hari ini dibagikan kepada CPNS Kemenag Sulsel. Selain para CPNS, hadir juga para Pejabat Eselon III dan IV di Lingkup Kanwil, termasuk Kepala Kantor dan Kasubag TU Kemenag Kab./Kota se Sulsel.

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar mengatakan, penyerahan SK kali ini merupakan tahap pertama. Dari 11.237 pendaftar, peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS berjumlah 735 orang. Jumlah ini terdiri dari 530 formasi umum dan 219 formasi honorer. “Tahap pertama ini dibagikan 304 SK CPNS yang telah mendapatkan persetujuan tekhnis dari BKN,” terang Anwar Abubakar di Makassar, Selasa (21/05).

“Sisanya yang 431 orang akan menyusul kemudian termasuk didalamnya Formasi Honorer (K2),” lanjutnya.

Selain penyerahan SK CPNS, dilakukan juga penandatanganan Pakta Integritas yang antara lain berisi: janji sumpah setia dan taat pada Pancasila dan UUD 1945, menganut faham keagamaan yang moderat dan berdiri di atas semua golongan, dan mematuhi segala aturan yang ditetapkan.

Anwar Abubakar meminta ASN Kemenag membaca PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS,  UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN, dan KMA 492 tahun 2003 tentang pendelegasian wewenang ASN. “Ini merupakan bacaan dan panduan dasar setiap Aparatur Negara, khususnya di institusi Kemenag. Patuhi dan taati aturan itu, dan jangan dilanggar,” jelas Anwar.

Kakanwil mengingatkan bahwa menjadi ASN di Kementerian Agama memiliki beban berat, baik secara moral maupun sosial. Sebagai pegawai Kementerian Agama, ASN juga harus membekali diri dengan pengetahuan agama minimal. “Kita ini adalah pegawai yang dianggap tahu dan paham masalah agama meskipun sesungguhnya tidak seperti itu. Tapi selaku Abdi Negara dan Masyarakat kita harus siap setiap saat memberikan pelayanan,” sambung Anwar.

Penyerahan SK CPNS hari ini juga berlangsung di Kalimantan Timur. Sebanyak 137 SK CPNS secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kanwil Sofyan Noor di Aula Siskohat Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur. Sebelumnya, sebanyak 600 CPNS juga telah menerima SK yang diberikan oleh Kakanwil Kemenag Kalsel, Senin (20/05), di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Kementerian Agama pada akhir April 2019 telah menyerahkan Persetujuan Teknis (Pertek) Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi 12.694 CPNS yang sudah terbit dari Badan Kepegawaian Negara kepada satuan kerja (satker). Penyerahan Pertek dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan kepada 128 pimpinan satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama. 128 satker itu meliputi: unit eselon I, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), dan Balai Diklat Keagamaan serta Litbang. (Wrd)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: