kemenag

Bertemu Menag, Dubes Afghanistan Harap Bantuan Guru Perempuan dari Indonesia

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia, H.E. Faizullah Zaki Ibrahim hari ini bersilaturahim di kantor Kementerian Agama, Jakarta. Dubes menyampaikan salam sekaligus menyerahkan surat dari Menteri Agama Afganistan kepada Menteri Agama Fachrul Razi.

Dubes Afganistan berharap Indonesia dapat mengirim guru dan ulama perempuan untuk mengajar di negaranya. Menurut Dubes, peran perempuan Indonesia di dunia pendidikan dan hukum sangat banyak. “Selama ini yang menjadi guru di Afghanistan laki laki, kami berharap ada bantuan guru perempuan dari Indonesia untuk mengajar di sana,” terang Dubes di Jakarta, Senin (09/11).

Menurut Dubes, rakyat Afghanistan sangat menghargai kontribusi Indonesia untuk perdamaian di Afghanistan. “Kontribusi damai untuk saat ini lebih sulit daripada kontribusi perang. Karenanya rakyat Afghanistan sangat berbahagia karena ada negara yang mau berkontribusi untuk perdamaian,” ujar Dubes.

Dubes menjelaskan bahwa Republik Afghanistan telah mengambil langkah penting dalam perdamaian dengan Taliban. Kedua belah pihak telah melakukan gencatan senjata. Lebih dari 1.500 anggota Taliban juga sudah dibebaskan. Rakyat Afghanistan berharap proses perdamaian akan terus membaik. 

Kepada Menag, Dubes juga menyampaikan harapannya agar Indonesia bisa membicarakan kondisi Afghanistan pada pertemuan Menteri-Menteri dari Negara Muslim yang akan berlangsung awal Desember mendatang.

Menag Fachrul Razi menyambut baik apresiasi dan harapan dari Afganistan. Menag mengaku akan membahas permintaan guru dan ulama perempuan Indonesia untuk Afghanistan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pernah memberikan kontribusi untuk perempuan-perempuan di Afghanistan. Presiden Jokowi juga sudah berkunjung ke sana dan konsern dengan upaya perdamaian di Afghanistan,” kata Menag.

Indonesia, kata Menag, senang apabila bisa berpartisipasi dalam upaya perdamaian dunia, termasuk di Afganistan. 

Hadir mendampingi Menag, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, Mudhofir, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama, Nifasri, Kabag Kerjasama Luar Negeri Khoirul Huda Basyir, dan Sekretaris Menteri, Thobib Al Asyhar.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: