kemenag

Buka Rakor Ditjen Bimas Katolik, Menag: Semua Agama Ajarkan Toleransi

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi membuka Rapat Koordinasi Pejabat Bimas Katolik Pusat dan Daerah di Bali. Rakor ini mengusung tema Moderasi Umat Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju dan Mandiri.

Adapun sub temanya adalah “Masyarakat Katolik Rukun, Indonesia Maju dan Mandiri”. Rakor berlangsung empat hari, 12-16 Maret 2020 di Denpasar, Bali.

“Semua agama mengajarkan toleransi dan kedamaian,” pesan Menag di Bali, Kamis (12/03).

Disampaikan Menag, Tuhan menciptakan manusia itu beragam agar saling kenal mengenal. “Saya berharap Rakor Ditjen Bimas Kristen ini akan menghasilkan kebaikan pada semua umat, bangsa dan negara,” ucap Menag.

Pembukaan Rakor Ditjen Bimas Katolik ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menag Fachrul Razi.

Plt Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Ida Bagus Mastika menyampaikan selamat datang kepada Menteri Agama Fachrul Razi, Plt Dirjen Bimas Katolik, Plt Direktur Urusan Agama Katolik dan seluruh peserta Rakor.

“Pulau Bali dikenal sebagai pulau 1000 pura, pulau dewata, pulau cinta yang luas wilayahnya kurang lebih 5600 KM, dengan jumlah penduduk sekitar 4,3 juta jiwa. Mayoritas masyarakat beragama Hindu sebanyak 3jutaan, Islam sebanyak 520ribuan, Kristen Protestan sebanyak 46ribuan, Katolik sebanyak 38ribuan, Buddha sebanyak 38ribuan, dan Konghucu sebanyak 815 jiwa,” papar Ida Bagus Mastika.

Ida Bagus Mastika juga mengucapkan terimakasih atas dijadikannya Bali sebagai tempat Rakor Ditjen Bimas Katolik.

Plt Dirjen Bimas Katolik Aloma Saruhama melaporkan bahwa Rakor ini diikuti 280 peserta. Semua berkumpul untuk membahas dan bersinergi dalam mendukung program Menteri Agama dalam pelayanan keagamaan dan pelayanan pendidikan keagamaan.

“Bimas Katolik menargetkan serapan anggaran tahun 2020 sebesar 97 persen,” kata Aloma.

Untuk itu, dalam Rakor ini akan membahas program Bimas Katolik yang merupakan bagian program Kemenag, dengan mengelaborasi kebijakan pemerintah khususnya kebijakan Menteri Agama.

“Pertemuan ini akan mereview program Bimas Katolik tahun 2019, yang endingnya berupa kesepakatan dengan mengevaluasi program tahun sebelumnya dan strategi perencanaan untuk pelaksanaan program tahun 2020,” tegas Aloma.

Adapun materi-materi yang akan dibahas cukup beragam, seperti moderasi beragama, reformasi birokrasi, Pengelolaan Bimas Katolik, serta kebijakan urusan dan pendidkan Katolik. 

“Hasil Rakor ini akan menjadi panduan dalam melakukan rekognisi atas program Bimas Katolik 2019 dan pelaksanaan program tahun 2020,” kata Aloma.

Disampaikan Aloma, sejak 26 Februari sampai 10 April 2020, umat Katolik di seluruh dunia sedangmelaksanakan puasa selama 40 hari. Dan Rakor ini di tengah-tengah melaksanakan puasa.

“Semoga, puasa ini menjadi pilar, bagaimana layanan Bimas Katolik semakin baik dan bermutu,” kata Aloma.

Uskup keuskupan Denpasar Mgr. Silvester Tung Kiem San mengucapkan selamat datang di Bali kepada Menag Fachrul Razi dan semua peserta Rakor. Bali dikenal dengan macam-macam nama. Di dalamnya, alam dan budaya bisa dilihat dan dialami oleh masyarakat. Ada yang menamakan pulau Bali sebagai pulau demokrasi, pulau kedamaian dan pulau toleransi.

Oleh karenanya, lanjut Mgr. Silvester Tung Kiem San, tidak heran jika Bali sering dijadikan sebagai tempat untuk pertemuan skala nasional dan internasional.

“Dan bahkan akhir-akhir ini pulau Bali juga dikenal sebagai pulau cinta. Saya menyambut baik Rakor ini. Semoga pertemuan ini menghasilkan kebaikan untuk gereja Katolik dan negara Indonesia,” kata Mgr Silvester.

Rakor dimulai dengan penampilan tari Sekar Jagat. Tari ini sering ditampilkan dalam pembukaan acara resmi. Tarian ini diperagakan secara kelompok oleh penari putri, dengan masing-masing membawa canangsari. Tarian ini menampilkan suasana kegembiraan penari.

Tari Sekar Jagat dari dua kata. Sekar, berarti bunga harum, dan jagat, berarti dunia. Jadi, dapat diartikan bahwa tari Sekar Jagat adalah tarian di taman bunga yang harum seluruh dunia.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: