kemenag

Covid-19, Alumni Petugas Haji Diminta Galakkan Gerakan Peduli Sosial

Bogor (ikhlasberamalnews)—- Diperlukan keterlibatan dan peran serta seluruh unsur masyarakat untuk menghadapi pandemi global coronavirus (Covid-19) yang saat ini juga melanda Indonesia, termasuk peran alumni petugas haji Indonesia. Hal ini diungkapkan Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FKAPHI) HM Affan Rangkuti, di Bogor. 

Ia berharap para alumni petugas haji Indonesia yang tersebar diseluruh provinsi untuk melakukan langkah kesalehan pribadi dan sosial sekaligus wujud pengabdian bagi umat bangsa dan negara.

“Saya mohon kepada segenap pengurus baik Pengurus Besar dan Pengurus Wilayah untuk melakukan langkah kesalehan pribadi dan sosial sekaligus wujud pengabdian bagi umat bangsa dan negara,” kata Affan dalam rilisnya, Rabu (01/04).

Ia menuturkan saat ini, masyarakat risau dan khawatir melihat penyebaran wabah Covid-19 yang jumlahnya terus mengalami kenaikan. Kondisi ini tentunya berpengaruh besar pada stabilitas perekonomian dan psikologis masyarakat.

“Untuk itu, saya memanggil semua jiwa-jiwa para pelayan duyufurrahman, pelayan bangsa dan negara yang tergabung dalam organisasi yang kita cintai ini untuk melakukan beberapa hal di masing-masing Pengurus Wilayah,” terang Affan.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan oleh masing-masing para Pengurus Wilayah :

1. Penggalangan bantuan dan mendistribusikannya ke kantong masyarakat yang kehidupan perekonomiannya kurang beruntung.

2. Membentuk Posko Komunikasi Informasi Edukasi Digital dengan menyampaikan semasif mungkin bahaya Virus Corona bekerjasama dengan Gugus Tugas dan media massa lokal setempat.

3. Turut serta memberikan pemahaman, pengertian dan kesabaran kepada jemaah haji mengacu dari informasi resmi yang dikeluarkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. 

4. Pelaksanaan Program Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun terus dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

5. Kepada pasien yang terkena Virus Corona senantiasa terus semangat, berusaha dan berdoa untuk kesembuhan. Bagi anggota keluarganya yang meninggal akibat wabah untuk tetap tabah dan sabar atas musibah ini, semoga Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa menempatkan di salah satu Surga-Nya kelak, Aamiin.

Affan berharap dukungan dan kerjasama seluruh pengurus besar dan seluruh pengurus wilayah sehingga lima hal yang disampaikan dimaksud dapat dilaksanakan. 

Menaggapi seruan tersebut, Dewan Kehormatan PB FKAPHI H Ali Taher Parasong mengakui terus mengikuti perkembangan aktifitas dari FKAPHI.

“Setelah saya memperhatikan secara  umum aktifitas sosial keagamaannya, sangat menyentuh kebutuhan rakyat banyak, seperti kegiatan manasik haji setiap saat setiap tahun adalah bagian dari tugas mulia dalam konteks ibadah amal saleh apalagi turut serta dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam membasmi Virus Corona adalah amal saleh yang  menurut saya melebihi panggilan tugas dari tupoksinya,” kata Ali dalam pesan singkatnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: