kemenag

Dirjen Bimas Islam Ajak Rawat Kualitas MTQ Nasional ke-28

Padang (ikhlasberamalnews) — Direktur Jenderal Bimas Islam mengajak semua pihak untuk bersama-sama merawat kualitas Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28. Apalagi menurutnya, MTQ merupakan sebuah peristiwa monumental yang sudah menyejarah di Indonesia. 

“MTQ adalah kegiatan monumental yang sudah menyejarah di Indonesia. Mari kita merawat dan menjaganya, baik pelaksanaan maupun mutunya,” ungkap Kamaruddin, di Padang, Jum’at (13/11). 

MTQ Nasional ke-28 kali ini, digelar di Kota Padang, Sumatera Barat mulai 12-21 November 2020. Berbeda dengan sebelumnya, MTQ Nasional kali ini digelar di tengah suasana pandemi. Oleh karenanya, untuk mempertahankan pelaksanaan serta kualitasnya, Dirjen Bimas Islam mengajak semua pihak untuk menjaga protokol kesehatan. 

Hal ini ditekankan oleh Kamaruddin agar MTQ tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19. “Mari secara ketat menerapkan protokol kesehatan, agar kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat ini tidak menjadi klaster penyebaran covid-19,” kata Kamaruddin. 

Dalam sejarahnya, MTQ telah ada sejak tahun 1940-an bertepatan dengan berdirinya Jami’iyyatul Quro’ wal Huffazh oleh ormas Nahdhatul Ulama. MTQ kemudian dilombakan pada tingkat nasional pada tahun 1968 di Makassar, Sulawesi Selatan pada era Menteri Agama K.H. Muhammad Dahlan yang saat itu juga menjadi Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama’ (PBNU).

Kamaruddin mengungkapkan, sejak saat itu, MTQ dilaksanakan dari tingkat kecamatan hingga nasional. Kehadirannya mampu mendidik dan mendekatkan masyarakat luas untuk mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam di Indonesia.

Dalam perjalanannya, MTQ Nasional diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Sebelumya, MTQ Nasional dilangsungkan setiap tahun, yakni dari tahun 1968 sampai 1977. Pada tahun 1979 hingga tahun 1985, MTQ Nasional dilangsungkan setiap dua tahun sekali.

Penyelenggaraan MTQ Nasional pernah dilangsungkan setiap tiga tahun, yakni MTQ tahun 1988 sampai tahun 2003. Sejak MTQN ke-21 pada tahun 2006 di Kendari hingga MTQN ke-28 tahun 2020 di Sumatera Barat, even nasional ini dihelat setiap dua tahun. 

Bagi masyarakat Sumatera Barat, moment MTQ Nasional ke-28 ini merupakan hal yang amat dinanti. Ini adalah kali kedua Sumatera Barat menjadi tuan rumah setelah sebelumnya 37 tahun lalu MTQ Nasional ke-13 dihelat di ranah minang. (pirman)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: