kemenag

Dukung ZI-WBK Kemenag Kota Malang, Sekjen: Harus Terdepan Lawan Korupsi

Malang (ikhlasberamalnews) — Kantor Kemenag Kota Malang menjadi salah satu satuan kerja yang diusulkan sebagai Zona Integritas-Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) tahun 2021. Sekjen Kemenag Nizar membeirkan dukungan dan apresiasi, sekaligus berpesan untuk terdepan dalam melawan korupsi.

“Kita harus menjadi garda terdepan melawan korupsi. Lembaga kita berlabel agama. harus diwujudkan dalam perilaku. Apresiasi untuk Kankemenag Kota Malang menuju satker ZI WBK, selanjutnya WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani),” terang Nizar saat merilis inovasi unggulan yang dikembangkan Kemenag Kota Malang, di Malang, Jumat (20/11). 

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto dan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi.

“Harapan kami ini bisa segera terlaksana. Tim Reformasi Birokrasi agar bisa melakukan pendampingan,” sambungnya.

Menurut Nizar, tahun 2020, Kementerian Agama mengusulkan lima satuan kerja ke Kemenpan dan Reformasi Birokrasi. Tiga satker untuk ZI-WBK dan dua satker untuk WBBM.

Nizar berpesan, ASN Kemenag Kota Malang untuk menjadi teladan dalam pemberantasan korupsi. Dia menggarisbawahi terkait penyaluran bantuan untuk pesantren. Menurutnya, hal itu tidak boleh terjadi kebocoran sehingga harus dikawal dengan benar. 

“Jangan sampai ada kebocoran. Di masa pandemi, pesantren membutuhkan bantuan. Jangan sampai dikurangi. Jadilah aktor yang selalu mencegah korupsi,” pesan Nizar.

“Sampaikan juga ke pesantren untuk tidak memberikan apapun kepada siapa saja yang meminta potongan bantuan, apalagi mengatasnamakan Kementerian Agama,” lanjutnya.

Nizar menjelaskan, ada tiga indikator satuan kerja ZI-WBK. Pertama, penguatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi. Satker yang sudah menjadi zona integritas, harus akuntabel. Pegawainya harus memiliki tingkat respon yang cepat terhadap setiap persoalan dan kebutuhan layanan publik yang muncul.

Kedua, mengupayakan pemberantasan korupsi. “Ini harus tertanam dalam jiwa kita agar bisa mengantar pada satker ZI-WBK,” jelasnya. 

“Ketiga, peningkatan layanan. Tiga hal ini tercakup dalam pembangunan ZI-WBK,” tandasnya. 
 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: