kemenag

DWP Kemenag Siap Sukseskan Gerakan Indonesia Bersih 

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag siap sukseskan Gerakan Indonesia Bersih yang saat ini tengah digencarkan pemerintah. Salah satu tujuan dari Gerakan Indonesia Bersih adalah mengurangi dampak buruk sampah plastik.

Hal ini disampaikan Ketua DWP Kemenag Enny Chumaisiyah Nur Kholis dalam gelaran halal bi halal dan pengajian rutin DWP Kemenag yang digelar di kediaman rumah dinas Menag, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (10/07) pagi.

Halal bi halal DWP Kemenag sekaligus pengajian rutin bulanan ini dihadiri Penasihat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim, pengurus DWP Kemenag Pusat, DWP Kanwil Kemenag Jabar, DKI dan DWP Kanwil Kemenag Banten. Dalam pengajian rutin DWP Kemenag kali ini, Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan mengisi tausiyah dengan materi tasawuf sebagai pondasi manajemen organisasi.

Enny Chumaisiyah menambahkan baru-baru ini DWP Kemenag ditunjuk menjadi tuan rumah dalam pertemuan 11 kementerian dengan tema mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih. Pertemuan tersebut, salah satunya membahas rusaknya lingkungan, baik laut, sungai dan sekitarnya, akibat tercemar limbah plastik yang sudah masuk tahap kronis dan memprihatinkan. 11 kementerian itu, lanjut Enny Chumaisiyah, di antaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Keuangan, dan Kementerian lainnya.

“Limbah plastik saat ini sudah sangat memprihatinkan dan menjadi persoalan serius. Saya tunggu gerakan dari 11 Unit Pelaksana DWP Kemenag Pusat dan kantor wilayah untuk mensosialisakan dan mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih ini,” ujar Enny.

Dalam upaya membatasi pemakaian kantong plastik, Enny mengimbau kepada segenap pengurus DWP dan kaum ibu untuk membawa tas khusus atau yang terbuat dari bahan bukan plastik saat berbelanja ke pasar maupun mini market, terutama yang sekali pakai (single use) dan disarankan untuk membawa tempat makanan atau minuman sendiri ke manapun.

“Mari hindari penggunaan bungkus atau kantong plastik, bawa tas khusus dari rumah bila ke pasar. Begitu juga dengan wadah minuman kemasan dari bahan dasar plastik seperti air mineral,” tuturnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: