kemenag

Ensiklopedi Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penyelenggaraan ibadah haji itu kompleks dan sistemik. Meski digelar setiap tahun, namun problem dan tantangan yang dihadapi selalu berbeda. Maka, jika ada kesan bahwa penyelenggaraan haji itu mudah dan simple karena dilaksanakan tiap tahun, penilaian selintas itu dipastikan kerena belum memahami sepenuhnya penyelenggaraan ibadah haji.

Bisa dikatakan, perhelatan akbar dan kolosal yang digelar pada satu tempat dan waktu yang sama ini relatif unik. Pesertanya berlatar belakang bangsa/negara yang berbeda dari seluruh dunia. Jemaah haji Indonesia sendiri setiap tahun berbeda-beda, tidak sama. 

Untuk lebih memahami dan menambah wawasan terkait penyelenggaraan haji dan umrah, kini telah hadir sebuah karya berjudul Ensiklopedi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Buku ini ditulis Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag dan Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd. Kedua penulis ini sangat memahami penyelenggaraan haji dan umrah karena memang berpengalaman di bidangnya. Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag saat ini bahkan masih menjabat sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Sementara Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd, sebelum bertugas sebagai Kepala Biro Perencanaan, pernah diberi amanah sebagai pejabat di Ditjen PHU. 

Buku ini ditulis sebagai upaya memahami sistem dan manajemen penyelenggara haji, sekaligus dalam rangka mengurangi permasalahan dalam pelayanan haji. Para pemangku kepentingan memang harus memiliki persepsi yang sama terhadap berbagai makna dan istilah dalam konteks pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah haji.

Kehadiran buku ini diapresiasi Menteri Agama Fachrul Razi. Dalam sambutan buku ini, Menag mengatakan bahwa Ensiklopedi Penyelenggaraan Haji dan Umrah hadir untuk memberikan secercah harapan, menjadi salah satu bahan rujukan dan solusi memahami permasalahan penyelenggaraan haji dan umrah. Pemahaman yang sama dalam istilah dapat mempermudah identifikasi dan pemecahan masalah (problem identification and problem solving) dalam pengelolaan haji dan umrah sejak tanah air hingga di Arab Saudi.

Buku Ensiklopedi Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini ditulis dalam jumlah halaman yang tebal (xii + 840 halaman). Buku ini diterbitkan Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada November 2019 sebagai cetakan pertama. 

Karya ensiklopedi khusus haji dan umrah ini masih sangat langka. Kehadirannya diharapkan menjadi penambah khazanah wawasan keislaman, khususnya dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Dalam buku ini, terdapat tidak kurang dari 642 kata atau istilah yang tersusun secara alfabetis dari A sampai Z. Terdapat beberapa terminologi yang beragam dari mulai ibadah mahdhah, istilah-istilah teknis penyelenggaraan haji dan umrah, istilah kesehatan, sampai istilah teknis penerbangan. 

Sebagai contoh, dalam ensiklopedi ini dimuat istilah-istilah Ihram, Ifrad, Daker, Blocking Time, BPKH, Heat Stroke, Cabinn Crews, dan lainnya. Istilah-istilah yang ditulis pun sangat up to date, sesuai perkembangan penyelenggaraan haji dan umrah terakhir. Hal yang tak kalah menarik dari ensiklopedi ini adalah menjelaskan dengan detail beberapa term sejarah perhajian dunia dari dulu sampai sekarang. Sebagai contoh ensiklopedi ini mengungkap term Bakkah, lokasi masjidil haram, jabal abi qubais, madinatul hujjaj, dan sebagainya.

Susunan buku ensiklopedi penyelenggaraan haji dan umrah ini terbilang lengkap, di antaranya berisi tentang ensiklopedi utama secara alfabetis, bibliografi, indeks serta daftar pustaka. ‘Alaa kulli haal, buku karya monumental ini patut dibaca.

Ihsan Faisal (Kasi Penyiapan Akomodasi Subdit Akomodasi Haji Dityanhaj LN Ditjen PHU)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: