kemenag

FKMTHI akan Gelar Pelatihan Dai Milenial, Kemenag : Kami Dukung

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama menyambut baik rencana Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) untuk menyelenggarakan program Pelatihan Dai Milenial. Program yang juga menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini dipandang dapat mengisi ruang wacana keagamaan untuk menyampaikan pesan damai agama. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan saat menerima kedatangan Ketua Umum FKMTHI Achmad Sayuthi dan Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. 

“Menteri Agama menyambut baik atas program yang diajukan oleh teman-teman mahasiswa,” kata Nur Kholis, Kamis (16/01). 

Dalam menanggulangi terorisme dan radikalisme, menurut M. Nur Kholis, harus ada konter wacana. “Para dai milenial atau teman-teman aktifis ini dapat berperan mengisi ruang wacana di masyarakat. Menjadi penyampai pesan damai agama,” ungkap M. Nur Kholis. 

Nur Kholis pun menyampaikan pihaknya siap terlibat untuk menyukseskan program penanggulangan terorisme, dengan melibatkan mahasiswa yang ada pada Perguruan Tinggi Keagamaan. 

“Silakan adakan seminar nasional di Jakarta. Nanti kami akan menugaskan Dirjen Pendidikan Islam untuk menugaskan para Rektor agar menugaskan para mahasiswa,” tutur Nur Kholis. 

Sebelumnya, Ketua FKMTHI Achmad Sayuti menyampaikan pihaknya memiliki sumber daya yang dapat dioptimalkan untuk menyebarkan pesan damai agama ke seluruh wilayah, termasuk daerah pelosok. 

“Sumber daya yang dimiliki forum komunikasi ini penting untuk didistribusikan ke daerah-daerah,” jelas Sayuti. 

Forum komunikasi menurut Sayuti akan fokus pada pelatihan dai di seluruh Indonesia. “Karena selama ini hanya mengandalkan youtube. Kita juga punya peran di masjid-masjid. Sudah saatnya forum ini berkontribusi di masyarakat,” tambah Sayuti. 

Kepala BNPT Suhardi Alius mengungkapkan apresiasinya atas kesediaan Kemenag untuk bergerak bersama dengan FKMTHI menanggulangi terorisme. “Kita senang dengan ada program ini, karena kami punya agen-agen yang dapat diberdayakan di seluruh daerah,” ujar Suhardi. 

Suhardi optimis, Indonesia dapat mengikis terorisme dengan keterlibatan seluruh pihak meskipun dengan program-program sederhana. “Saya optimis ini (terorisme) bisa kita kikis. Dengan program- program sederhana msialnya dengan mewajibkan upacara,” imbuhnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: