kemenag Pendidikan Islam

IAIN Parepare Kuatkan Visi Kebangsaan Melalui Pengembangan Pengetahuan Kepramukaan

Parepare (ikhlasberamalnews) — Institut Agama Islam Negeri Parepare melakukan penguatan visi kebangsaan pada mahasiswa melalui kegiatan Pengembangan Pengetahuan Kepramukaan (PKK). Kegiatan yang berlangsung sejak 11 – 17 Maret 2019 ini digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Albadi Gugus Depan 02-001/02-002 IAIN Parepare. 

Menurut Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustam,  Organisasi Kemahasiswa (Ormawa) terutama UKM Racana dan Menwa adalah organ penting yang bertugas mengembangkan semangat kebangsaan dikalangan mahasiswa.

“Racana Pramuka harus menjadi pelopor lahirnya mahasiswa dengan paham kebangsaan yang kuat dan moderat dalam beragama”, kata Rustan, Rabu (13/03).

Lebih lanjut Rustan berpesan visi kebangsaan harus menjadi landasan pijak bagi seluruh Ormawa dalam berkhidmah membesarkan IAIN.

“Ormawa harus berada di garis terdepan dalam menangkal intoleransi, radikalisme, berita bohong (hoaks), dalam rangka mengedepankan moderasi beragama,” tandas Rustan.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Muhamad Saleh mengatakan kegiatan PPK dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa agar mempunyai daya kritis, tidak mudah menerima informasi dari luar, tetapi membiasakan klarifikasi (tabayyun).

Ditambahkan Saleh, kegiatan PPK berorientasi pada moderasi beragama dan wawasan kebangsaan. “Sehingga dapat mengantisipasi faham radikal agar agar tidak mudah berkembang di kampus,” tandasnya.

Pada Februari lalu UKM Racana telah menyelenggarakan Festival Tunas Kelapa (FTC), yang diikuti oleh Pramuka Tingkat Penggalang dan Penegak se-Sulselbar. Nampak hadir dalam PPK adalah Pengurus Ormawa lainnya seperti Dema, Sema, UKM/UKK, HMJ dan lain-lain. (RB)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: