kemenag

Jaga Kerukunan, Kemenag Sumut dan Pimpinan Sinode Gelar Dialog

Jaga Kerukunan, Kemenag Sumut dan Pimpinan Sinode Gelar Dialog

  • Selasa, 27 Oktober 2020 18:31 WIB

Kakanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda

Medan (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama melalui Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Utara menggelar dialog bersama tokoh Pimpinan Sinode Gereja di Sumatera Utara. Dialog yang mengangkat tema Membangun Kerukunan Internal Umat Kristiani di Sumatera Utara ini berlangsung selama dua hari mulai 26 hingga 27 Oktober 2020, di Kota Medan, Sumatera Utara.

“Kegiatan ini sangat penting dalam upaya menjaga  kerukunan umat bergama dan Moderasi Beragama khususnya dikalangan umat Kristiani,” tutur Kepala Kanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda saat membuka dialog, Senin (26/10). 

Tampak hadir sebagai narasumber dalam gelaran dialog Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama RI Jannus Pangaribuan, dan Kepala Bidang Bimas Kristen Arnot Napitupulu.

Dalam sambutannya Syahrul Wirda mengilustrasikan menjaga kerukunan umat beragama itu ibarat merawat dan menata sebidang tanah yang ditanami berbagai jenis buah-buahan.

Ia berharap kegiatan dialog bermanfaat untuk umat Kristiani di Sumatera Utara. Sinode dapat berperan sebagai garda terdepan menjaga dan merawat kerukunan serta menjunjung semangat Moderasi Beragama. 

“Meski pepaya ditanam bersebelahan dengan jeruk nipis yang asam dan akar masing-masing berurat bahkan bergelayutan di dalam tanah, tapi manisnya pepaya tidaklah pindah kepada jeruk nipis,” kata Syahrul Wirda beranalogi.

“Demikianlah hendaknya kerukunan itu dijaga tanpa mempengaruhi keragaman yang sudah ada,” sambungnya. 

Ia menambahkan, gelaran ini juga menjadi  sarana untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah khususnya di bidang agama dan keagamaan yang harus dilaksanakan.

“Falsafah tanah mesti kita hayati dan bisa jadi pedoman. Bahwa menjaga kerukunan beragama itu sangat penting. Indah rasanya saat kita berbeda namun kita berdamai satu sama lain,” tandasnya.

Gelaran dialog bersama Sinode ini berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan demi memutus mata rantai persebaran Covid-19.


Sumber : Inmas Kemenag Sumut

Penulis : benny andriyos

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: