kemenag

Jing Wei, Hormat, dan Takwa

Wei De Dong Tian! Pandemi membuat kita tersadarkan bahwa betapa udara yang selama ini dipersilahkan dihirup tanpa syarat, mendadak bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Padahal ketika kemarin-kemarin tidak ada larangan bernafas di luar rumah tanpa melalui sebuah masker, udara  tidak pernah disyukuri sebagai sebuah kelimpahan.

Kemudian, kita semua panik dan sibuk berdoa kepadaNya memohon agar diselamatkan dari sakit dan kematian karena wabah baru yang tidak jelas ini. Seluruh manusia di dunia mengalami tekanan super tinggi karena bersamaan dengan itu, ekonomi ambruk tanpa tertahankan. Dan manusia mulai punya kesukaan baru, yaitu sibuk menyalahkan sana sini. Termasuk menyalahkan diri sendiri akan prilaku kemarin-kemarin karena merasa Tuhan murka sehingga ingin menghukum manusia melalui virus mematikan. Mendadak kita lupa akan kebesaranNya!

Kita lupa bahwa Tuhan itu Maha segalanya, termasuk Maha Merahmati dan Maha Adil. Di setiap doa, tanpa malu kita selalu memohon agar dilindungi, seolah-olah tidak yakin bahwa Tuhan akan melindungi. Padahal di setiap akhir doa yang kita panjatkan, bukankah selalu terucap kalimat “ … yakin Tian senantiasa menilik, membimbing dan menyertai …” ? Lalu, kenapa pada kenyataannya kita tidak yakin?

Kita selalu meragukan sertanya Tuhan bersama kita. Kita selalu kuatir Tuhan tidak mau melindungi, sehingga setiap saat Tuhan perlu diingatkan agar selalu beserta kita. Sadarkah kita bahwa meragukanNya berarti telah berani tidak hormat dan tidak takwa kepadaNya?

Di dalam Ru Jiao, Agama Khonghucu diajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini mencakup dua aspek liang yi, yaitu: yin dan yang. Negatif yang reseptif dan Positif yang kreatif. Gelap dan Terang. Hitam dan Putih. Di dalam putih selalu ada setitik hitam, di dalam hitam selalu ada setitik putih. Tidak berlawan-lawanan, tetapi saling melengkapi. Harmonis!

Maka, di dunia ini tidak ada sesuatu yang buruk sekali dan tidak ada sesuatu yang baik sekali. Ketika dalam keterpurukan, ingatlah bahwa selalu akan ada harapan. Keterpurukan itu tidak akan selamanya. Suatu saat akan berubah. Dan di saat bahagia, bersiap-siaplah akan adanya ancaman. Karena kebahagiaan itupun tidak akan selamanya. Suatu saat akan berubah. Selalu akan ada perubahan. Tidak ada yang tetap. Yang tetap adalah perubahan itu sendiri (Kitab Perubahan: Yi Jing).

Tugas manusia adalah jing wei,  hormat, takwa kepadaNya. Hormat akan perintahNya, patuh menjauhi laranganNya, tidak berani tidak lurus. Menggemilangkan kebajikan (ming de) hingga zhi shan puncak kebaikan, sesuai tian ming firman Tuhan. Tidak peduli suatu hari akan menerima teguran, cobaan, hukuman maupun ujian dariNya. Hanya yakin, Dialah Sang Maha Adil yang selalu merahmati. Manusia hanya perlu ikhlas menerima, tulus yakin (trust) padaNya. Bukan sekedar hanya percaya (believe) kepadaNya. Yakin hanya kebajikan yang dapat menggetarkan Dia di lelangit sana untuk selalu beserta kita. Seperti salam yang selalu kita ucapkan di bibir kita … wei de dong tian.

Alangkah eloknya bila doa-doa kita dipenuhi ucapan syukur (gratitude) atas segala kelimpahan (abundance), daripada dipenuhi permohonan yang tidak diimbangi dengan perbuatan bajik kita.

Udara yang kita hirup, bukankah suatu kelimpahan? Air yang kita teguk, bukankah sebuah kelimpahan? Setiap hari tulislah kelimpahan-kelimpahan yang telah kita terima hari ini. Bayangkan semua yang kita harapkan akan dikabulkan, hati damai tenang bahagia melangkah melakukan tugas keseharian karena kita sudah mendapat kelimpahan dan akan selalu mendapatkan lagi kelimpahan itu. Karena kita layak, karena kita selalu dalam kebajikan …! Shanzai, shanzai!

Yu wei shang di, bu gan bu zheng. Aku takut akan Tuhan, tidak berani tidak lurus. (Shu  Jing IV.I : 2)

Go Fee Mong (Rohaniwan Khonghucu)

 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: