kemenag

Kemenag dan Lemhanas Sinergi Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan

Menag bersama Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional RI Agus Widjojo, menandatangani nota kesepahaman, Jakarta (15/03). (Foto: Danyl)

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menag Lukman Hakim Saifuddin bersama Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo, menandatangani nota kesepahaman terkait upaya pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Bersamaan dengan itu, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Gubernur Lemhanas dengan Rektor Universitas Semarang (USM) Andy Kridasusila.

Penandatanganan berlangsung di Kantor Lemhanas, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10, Jakarta Pusat. Hadir, sejumlah kalangan pejabat dari ketiga belah pihak.

Menuru Agus Widjojo, nota kesepakatan ini mencakup lima hal, yaitu: 1) Peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan khususnya dalam nilai-nilai kebangsaan; 2) Pelaksanaan pengkajian; 3) Penelitian dan pertukaran informasi dalam rangka pengukuran ketahanan nasional; 4) Pertukaran tenaga ahli; dan 5) Pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

“Kerja sama ini dalam rangka lebih mengoptimalkan sumber daya yang ada di institusi-institusi negara. Kita menyadari betul bahwa tantangan kita saat ini dan ke depan semakin tidak sederhana. Bagaimana agar seluruh warga bangsa memiliki pemahaman yang utuh terhadap wawasan kebangsaan, terhadap ketahanan nasional kita,” terang Menag di Jakarta, Jumat (15/03).

Menurut Menag, agama memiliki peran dan posisi yang strategis dalam memberikan landasan kecintaan setiap warga kepada bangsanya. Penandatanganan nota kesepahaman ini menurutnya juga dimaksudkan agar terjadi pertukaran pengetahuan antar SDM di masing-masing institusi yang lebih mendalam terkait wawasan kebangsaan dan kecintaan kepada tanah air .

“Apalagi kami (di lingkungan Kemenag) para pegiat kegiatan keagamaan, para tokoh agama, para pendidik, guru-guru agama, sangat memerlukan wawasan yang cukup, bagaimana pertahanan nasional ini senantiasa kita jaga dan kita pelihara, kita rawat sebaik-baiknya. Yang sesungguhnya dalam rangka tidak hanya menebar nilai-nilai kebajikan bagi sesama manusia tapi juga sekaligus dalam rangka mencintai tanah air kita tercinta,” ujarnya.

Agus Widjojo mengatakan, dalam waktu dekat, kerja sama Lemhanas dengan Kementerian Agama akan ditindaklanjuti dengan pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dengan peserta kurang lebih 100 orang.

“Sinergi antara tiga institusi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya kita bersama dalam membangun wawasan kebangsaan dan sebagai pra syarat mutlak dalam mendukung ketahanan nasional yang tangguh,” tandasnya.

Agus berharap ketiga insitusi ini bisa saling bersinergi guna menghasilkan capaian dan sasaran yang lebih optimal. Ia juga menyebutkan pentingnya kerja sama ini guna mencapai kesamaan kepentingan, khususnya dalam merespons perkembangan akhir-akhir ini. Selain itu, hal penting lain menurutnya untuk lebih merevitalisasi nilai-nilai kebangsaan, konvesus dasar kebangsaan, yang meliputi pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: