BPJPH kemenag

Kemenag dan MUI Susun Rancangan SKKNI Auditor Halal

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)  menyiapkan regulasi dan melakukan kerjasama dengan berbagai kementerian, lembaga, organisasi, dan instansi terkait, pasca diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) No 31/2019 tentang Pelaksanaan UU No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. 

Salah satu kerjasama yang disiapkan adalah dalam penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Auditor Halal.  “Saat ini kami sedang menyelesaikan rancangan SKKNI Auditor Halal bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian/Lembaga terkait dan pakar dari perguruan tinggi. SKKNI ini sangat penting dilakukan sebagai acuan dalam mencetak dan meningkatkan kompetensi Auditor Halal,” kata Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal, Nifasri, di Jakarta, Rabu (22/05).

Menurut Nifasri, penyusunan SKKNI Auditor Halal harus segera diselesaikan karena menjadi acuan dalam pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Di samping itu, ada kebutuhan implementasi dari kerjasama BPJPH dengan MUI dalam sertifikasi auditor halal.

“Saat ini MUI sedang mengajukan usulan kepada Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) penambahan ruang lingkup auditor halal yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKK Khusus) sambil menunggu terbitnya SKKNI”, jelasnya.

Nifasri berharap setelah SKKNI terbit, ruang lingkup auditor halal pada LSP MUI yang sekarang berjalan, akan mengacu kepada SKKNI dalam melakukan sertifikasi dan menerbitkan Sertifikat Auditor Halal.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: