kemenag

Kemenag Dorong Dosen Buddha Update SISTER

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama mendorong dosen-dosen yang berada di Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) untuk melakukan pembaruan data perkembangan pendidikan melalui Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). 

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Caliadi saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi SISTER, di Jakarta. Menurutnya, updating yang dilakukan pada aplikasi SISTER akan menunjukkan perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah dilakukan tiap dosen. 

“Dirjen Bimas Buddha sangat mendukung dan mendorong agar seluruh dosen PTKB melakukan update aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui SISTER,” ucap Caliadi, Rabu (26/02). 

Senada dengan Caliadi, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi menjelaskan aplikasi SISTER memudahkan dosen untuk melengkapi data dasar yang ada pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI). 

Dikatakannya hal ini juga sangat membantu tenaga pendidik dosen dalam meningkatkan pola karir dan kompetensi pada satuan kerja. “Dosen dapat melengkapi data dalam benyuk portofolio yang berkaitan dengan aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat dengan mengupdate data pada SISTER,” jelas Supriyadi. 

Untuk itu Supriyadi berharap PTKB yang ada berkomitmen untuk menggunakan SISTER, sebagai sarana untuk melakukan perubahan data dosen dan selanjutnya mengupload aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kedepannya, pihaknya akan melakukan pemantauan secara berkala terkait progres pelaksanaaan aplikasi Sister. “Hal ini dilakukan agar data pada dosen PTKB bisa tertata dengan baik, untuk kemajuan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Indonesia,” imbuhnya. 

Sosialisasi SISTER berlangsung selama tiga hari, sejak 26 hingga 28 Februari 2020, dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya, Dirjen Bimas Buddha Caliadi Caliadi yang memberikan materi tentang Pengelolaan Sumber Daya pada Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha, Firman Rudiansyah tentang Pengelola Data Dosen PDDIKTI dan PDD SISTER, serta Rizky Tito Prasetyo yang memberikan materi tentang Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi. 

Diikuti 60 dosen dan operator PDDIKTI dari PTKB se-Indonesia, kegiatan ini mengarahkankan PTKB untuk melakukan installasi aplikasi SISTER. Peserta/dosen pada kesempatan ini melakukan registrasi dan mengoperasikan SISTER.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: