kemenag Pendidikan Islam

Kemenag Dukung Percepatan Madrasah Terpadu dan Madrasah Plus Keterampilan di Sumut

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama mendukung rencana pembentukan Madrasah Terpadu dan pengembangan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama Ahmad Umar saat menerima audiensi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Iwan Zulhami, di Jakarta kemarin.

Ia menegaskan, madrasah hari ini harus bermutu dan berkualitas tinggi serta memiliki daya tarik sebagai identitas  sehingga ia mudah dikenal oleh masyarakat luas. Di sinilah menurut Umar dibutuhkan pemikiran yang di luar kebiasaan guna mengembangkan madrasah.

“Kepala madrasah harus berpikir gila, keluar dari kebiasaan tanpa melanggar norma-norma yang ada untuk merintis program madrasah riset, madrasah program robotika, madrasah plus keterampilan, madrasah program akademik hingga memiliki nilai jual dan berprestasi,” ujar Umar, Rabu (22/05).

Maka, Umar menyambut baik rencana Kanwil Kemenag Sumut untuk membentuk Madrasah terpadu dan mengembangkan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan. Ia pun menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan anggaran. “Support anggaran SBSN Kementerian Agama dengan terencana bisa mengalokasikan kebutuhan pembangunan untuk mewujudkan infrastruktur penunjang prestasi di madrasah,” tuturnya.

Umar juga mengapresiasi KaKanwil beserta jajaranya yang sangat serius  untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat di wilayah Sumatera Utara. “Ini merupakan kebahagiaan bagi kami kedatangan Kakanwil dengan membawa seluruh orang-orang hebatnya ke Kantor Kementerian Agama sebagai bentuk perhatian yang baik terhadap madrasah,” kata Umar.

“Ini juga kali pertamannya Kakanwil datang bersama jajarannya membahas madrasah dan tentunya ini bisa menjadi contoh bagi para Kakanwil lain agar mampu menunjukkan kepedulian dengan bersinergi bersama madrasah di wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami yang datang bersama  jajarannya menyampaikan rencana pembentukan Madrasah Terpadu dan Madrasah Plus Keterampilan dilatarbelakangi atas potensi dan prestasi yang telah dimiliki madrasah di wilayah yang dipimpinnya.

“Saya menemukan potensi itu ada di beberapa madrasah di Sumatera Utara. Misalnya ketika siswa kita mampu meramu alpukat yang berserakan menjadi bahan kosmetik seperti di MAN Serdang Berdagang,” kata Iwan.

“Siswa juga mampu melakukan budi daya jamur, kemudian diproses menjadi makanan yang bernilai jual tinggi di MAN Tebing Tinggi,” tuturnya.

Iwan menambahkan lain lagi cerita di MAN 2 Medan. “Di sana siswa kita mampu mengubah bahan limbah plastik jadi bahan bakar terbarukan bagi rumah tangga. Dan masih banyak lagi potensi-potensi lain yang kami temukan di madrasah yang ada di Sumatera Utara,” sambung Iwan.

Iwan juga menyampaikan, demi menjaga potensi madrasah dengan baik, Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara terus berusaha bekerjasama dengan Kementerian UMKM dan Kementerian Perindustrian.

“Potensi itu semua perlu didukung dengan hadirnya sebuah kawasan Madrasah Terpadu dan Madrasah Plus Ketrampilan yang memiliki luas lahan yang potensial seperti Pulau Jawa. Tentu dengan support dan dukungan dari Direktorat KSKK Madrasah,” harap Iwan. (Bahtiar Rosyadi)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: