kemenag

Kemenag Dukung Transformasi IAKN Manado Menuju Universitas 

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Thomas Pentury mendukung Institut Agama Islam Kristen Negeri (IAKN) Manado untuk bertransformasi menjadi universitas. Dukungan ini menurut Thomas diberikan karena pihaknya menilai IAKN Manado telah melakukan banyak terobosan dalam rangka peningkatan kualitas kampus. 

Hal ini dikemukakan Thomas saat menghadiri Wisuda 218 Mahasiswa IAKN Manado secara daring. Di hadapan civitas akademika IAKN Manado Thomas menyampaikan, bahwa satu-satunya PTK di wilayah Sulawesi Utara ini telah mengalami lompatan yang cukup baik. 

“IAKN Mando telah berproses transfromasi kelembagaan dari Institut menjadi Universitas. Ini akselerasi dan langkah yang cepat. Kita doakan, proses ini cepat terwujud,” kata Thomas Pentury, Kamis (17/12).

Ia berharap IAKN Manado dapat terus mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki. Ia mengingatkan, perguruan tinggi merupakan lembaga strategis yang di dalamnya kerap memiliki dialektika pemikiran dalam pembangunan bangsa. 

“Untuk itu, IAKN Manado agar tetap mengedepankan pengkajian ilmu-ilmu keagamaan, sebagaimana mandat utama penyelenggaraan pendidikan keagamaan,” kata Thomas. 

“Saya berharap, IAKN Manado dapat menata sistem yang lebih baik yang berbasis pada mutu pendidikan,” harap Thomas.

Selanjutnya, Thomas menuturkan, civitas akademika IAKN Manado juga harus bisa menangkap peluang riset keagaman, khususnya terkait dengan narasi Moderasi Beragama yang digelorakan Kementerian Agama. “Wisudawan bisa melihat ini sebagai peluang dan bahan riset untuk pengembangan IAKN Manado ke arah yang lebih baik,”tutur Thomas. 

Prosesi wisuda IAKN Manado dengan protokol kesehatan (foto : istimewa)

Sementara Rektor IAKN Manado Jeane M Tulung menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Ditjen Bimas Kristen yang terus memberikan dukungan terhadap pengembangan kampus yang dipimpinnya untuk bisa lebih baik dan berkualitas.

“Kita terus berupaya sebaik mungkin untuk mewujudkan Perguruan Tinggi Kristen Berbasis Moderasi Beragama yang Unggul dalam Menghasilkan Cendekiawan Kristiani yang memiliki karakter, kompeten, dan berkemampuan kompetitif di era modernisasi,” kata Jeane M Tulung.

Disampaikan Jeane M Tulung, diketahui bersama saat ini, IAKN Manado telah berada dalam proses transformasi menuju Universitas Kristen Negeri (UKN) Manado. Oleh karenanya, Jeane M Tulung mengajak seluruh elemen kampus untuk bersama-sama menunjang proses transformasi ini.

“Mari sama-sama kita berusaha untuk mewujudkan IAKN Manado menjadi Universitas,” tutup Jeane M Tulung.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: