kemenag

Kemenag Gelar Pelatihan Video Pendek  Moderasi Beragama

Sentul (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Bimbingan Masyarakat Islam menggelar Coaching Video Pendek Moderasi Beragama.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta yang berasal dari perwakilan unit eselon I, mitra Bimas Islam dan Setjen Kementerian Agama itu berlangsung 23 – 25 September di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Mewakili Dirjen Bimas Islam, gelaran konten video pendek dengan menghadirkan praktisi media ini dibuka oleh Plt Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kemenag Yayat Supriadi.

Mengawali paparannya saat pembukaan Plt Kepala Biro HDI mengajak segenap peserta untuk mendoakan kesembuhan Menag Fachrul Razi yang saat ini sedang menjalani isolasi dan pemulihan usai terkonfirmasi Covid-19 dengan melangitkan Al- Fatihah.

Menurut Yayat Supriadi konten kreatif seperti video pendek saat ini menjadi salah satu media strategis bagi Kementerian Agama dalam mengampanyekan program-program prioritas, di antaranya Moderasi Beragama dan program lainnya. “Dulu saya sempat memprakarsai lomba video blog tentang perkembangan seni budaya Islam Nusantara. Alhamdulillah respon generasi milenial sangat tinggi, terbukti dari ratusan karya video blog yang diterima panitia,” ujar Yayat Supriadi, Rabu (23/09).

Ia menambahkan, Coaching Video Pendek Moderasi Beragama yang digagas Dirjen Bimas Islam sejalan dengan kebijakan strategis Kementerian Agama di bidang komunikasi berbasis media kreatif. “Sesuai RPJMN dan Renstra Kementerian Agama Tahun 2020-2024 seluruh kebijakan Kemenag akan mengusung Moderasi Beragama. Ini akan menjadi ruh komunikasi dan publikasi humas Kemenag,” ujar Yayat.

Yayat pun menambahkan setidaknya ada enam prinsip dalam pembuatan konten kreatif yaitu sopan, memperhatikan hak cipta, tidak menyinggung SARA, tidak bias gender, dan relevan. “Nah bila sudah memenuhi prinsip tadi barulah konten kreatif video pendek tersebut dipublikasikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan youtube,” ujarnya. 

“Konten kreatif itu bisa juga disampaikan melalui teks atau narasi, infografis, dan foto,” sambungnya.

Kasubag Sistem Informasi dan Humas Ditjen Bimas Islam Sigit Kamseno, mengatakan dalam Coaching Video Pendek Moderasi Beragama ini, peserta akan mendapat pembekalan bagaimama membuat video pendek dan tahapan membuat film pendek dari praktisi Film Maker Muslim serta praktisi berkompeten lainnya. “Dalam Coaching Video Pendek Moderasi Beragama ini para peserta juga langsung bisa praktek bagaimana membuat video pendek dengan bimbingan praktisi media konten kreatif,” ujar Sigit.

“Para peserta juga diwajibkan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 selama Coaching Video Pendek Moderasi Beragama,” tutupnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: