kemenag

Kemenag Harap Alumni Petugas Ambil Peran Sukseskan Haji

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Setiap tahun Kementerian Agama memberangkatkan lebih dari tiga ribu petugas ke Arab Saudi untuk mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji. Usai penyelenggaraan ibadah haji, para petugas yang telah menjadi alumni ini diharapkan turut mengambil peran untuk  mensukseskan haji di masa-masa selanjutnya.

Harapan ini disampaikan Direktur Bina Haji Kementerian Agama Khoirizi H. Dasir saat memberikan sambutan pada Interlokusi Perhajian yang diselenggarakan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji (FKAPHI), di Jakarta.

“Kita memiliki potensi yang sangat besar, jika diberdayakan dengan baik, alumni petugas dapat berperan sebagai agen penggerak untuk mensukseskan ibadah haji,” ujar Khoirizi, Jumat (24/05).

Lebih lanjut, Khoirizi menyampaikan petugas haji harus menjadi teladan dan agen-agen yang dapat membantu pemerintah dalam memberikan edukasi perhajian. “Alumni petugas haji harus bisa menjadi corong informasi kepada masyarakat,” ujar Direktur yang juga meluncurkan buku perdananya yang berjudul Yuk Dakwah Haji.

Menurutnya, komitmen petugas haji memiliki peran yang sangat signifikan untuk meningkatkan kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji. “Dari tahun 2014 indeks kepuasan jemaah haji mengalami kenaikan, mengapa? Karena ada komitmen dari petugas haji,” kata Khoirizi.

Kesuksesan ibadah haji menurut Khoirizi dapat makin meningkat bila para alumni petugas haji diberdayakan. FKAPHI sebagai forum alumni diharapkan Khoirizi dapat memfasilitasi hal tersebut. Maka penting agar FKAPHI tidak hanya dimiliki oleh sekelompok orang saja, tetapi dimiliki semua umat.

“Andaikan alumni dapat diberdayakan tahun ini, akan dahsyat sekali. Tapi sampai saat ini belum diberdayakan secara maksimal,” ujar Dirbina Haji Khoirizi.

Senada dengan Khoirizi, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis  mengatakan bahwa alumni petugas haji harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perhajian Indonesia.

“Alumni beda dengan kata mantan. Alumni memiliki keinginan untuk kembali, karena ada rasa peduli, sedangkan mantan tidak lagi memiliki rasa peduli, meski terkadang ingin kembali,” kata Muhajirin.

Muhajirin berharap FKAPHI tidak hanya eksis di pusat saja, tetapi juga dapat hadir di daerah. “Sehingga jika teman-teman yang di daerah membutuhkan informasi haji bisa menghubungi para alumni petugas haji,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Biro Perencanaan Ali Rokhmad yang juga hadir sebagai narasumber agar petugas haji yang berprestasi di tahun ini diberikan reward sebagai petugas haji teladan.

“Saya berharap agar Kementerian Agama tidak hanya menekankan pada punishment semata, akan tetapi juga pada reward untuk para petugas yang telah bekerja dengan baik,” ujar Ali Rokhmad.

Dalam forum yang dihadiri alumni petugas haji dari lintas kementerian ini, juga turut hadir sebagai narasumber Kapus Kesehatan Haji Kemenkes dr.Eka Jusup Singka dan Ketua Forum Komunikasi KBIH KH. Agus Salim. Tampak hadir pula Ketua Umum FKAPHI Affan Rangkuti beserta jajarannya. Sementara tampil sebagai moderator dalam talkshow Arsyad Hidayat dan Dedy.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan santunan bagi empat alumni petugas haji yang sakit saat menjalankan tugas, yaitu: H. Sugianta, H. Sudarmedi, H. Fadhil Nasution, dan H. Sarno.

Masing-masing menerima santunan sebesar Rp. 4.062.500,- yang berasal dari penggalangan dana FKAPHI. Anggota FKAPHI sendiri merupakan alumni petugas haji yang berasal dari unsuk Kemenag, TNI, Polri, Kemenkes, dan instansi terkait lainnya.  

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: