kemenag

Kemenag Imbau Umat Buddha Rayakan Waisak 2564 BE di Rumah

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama mengimbau umat Buddha untuk memperingati Hari Raya Waisak 2564 Buddhis Era (BE) di rumah masing-masing. 

“Sebentar lagi 7 Mei 2020 umat Buddha akan melaksanakan hari raya Waisak 2564 buddhis era. Dirjen Bimas Buddha menganjak seluruh umat untuk rayakan masing-masing di rumah,” kata Sekretaris Dirjen Bimas Buddha Kemenag, Nyoman Suriadarma, di Jakarta, Jumat (10/04). 

Perkembangan kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia yang semakit meningkat,  menjadi alasan Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha mengeluarkan imbauan di atas. 

Tak hanya peringatan Hari Raya Waisak, Nyoman berharap kegiatan keagamaan lainnya seperti Pudja Bhakti di Hari Mingggu dan Sekolah Minggu juga dapat dilakukan di rumah. 

“Selanjutnya, umat Buddha diajak kegiatan ibadah atau Pudja Bhakti di hari Minggu dilakukan di rumah, demikian pula Sekolah Minggu yang rutin dilakukan oleh anak kita diajak dilakukan masing-masing di rumah,” ujarnya.

Ia juga menyarankan, umat dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan ibadah di rumah. 

“Kegiatan ibadah, sembahyang bisa dilakukan dengan berbagai cara, kita gunakan media sosial dan live streaming,” jelasnya.

Peribadatan dengan bantuan media daring ini diharapkan juga dapat lebih fleksibel dan menjangkau seluruh umat Buddha di berbagai daerah. 

“Itu teknologi yang bisa dimanfaatkan. Baik yang jauh di tempat kita tetap bisa berkomunikasi. Selalu lakukan silaturahmi menggunakan teknologi yang kita miliki,”kata Nyoman.

Nyoman pun mengingatkan umat Buddha untuk melakukan enam protokol pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu: Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu memakai masker, jaga jarak aman 1-2 meter, di rumah saja (belajar, bekerja dan beribadah di rumah), tidak mudik, dan batasi interaksi. 

“Lakukan semua dengan disiplin. Jadilah pahlawan. Lindungi diri dan orang lain,” pesan Nyoman. 

“Mari menangkan perang dengan Covid-19. Indonesia Bisa. Salam tangguh,” pungkas Nyoman

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: