kemenag

Kemenag: MA Keterampilan Himpun Pembelajaran Attitude, Skill, dan Knowledge

Bandung (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama mengembangkan Madrasah Aliyah plus Keterampilan atau MAK. Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan MAK merangkum tiga aspek penting tantangan masa depan, yaitu: attitude, skill, dan knowledge (ASK).

Hal ini disampaikan Ali Ramdhani saat berbicara pada Workshop Penguatan Kompetensi Guru dan Kepala Madrasah Plus Keterampilan di Bandung, Jumat (27/11).

Menurutnya, setiap lembaga pendidikan, termasuk madrasah, dituntut dapat menjawab harapan dan tantangan masyarakat terkait tiga hal tersebut. Dan, ketiganya terhimpun dalam MA plus Keterampilan.  

Attitude, kata Dhani, berkenaan dengan pembelajaran akhlak dan perilaku kaseharian. Ini menjadi salah satu nilai lebih madarasah hingga dipercaya masyarakat.

Di madrasah, siswa tidak sekedar belajar ilmu umum, tapi juga sikap dan perilaku (attitude). Proses pembelajaran di madrasah bukan sekedar schooling, tapi juga learning.

“Di madrasah, siswa tidak hanya bersekolah tapi orang itu belajar,” ujarnya. 

Aspek kedua adalah skill atau keterampilan, dan ketiga adalah knowledge atau pengetahuan. Perpaduan attitude, skill, dan knowledge ini menjadi bekal alumni madarasah sehingga siap terjun ke masyrakat dengan dinamika apapun. Jika alumni memilih melanjutkan kuliah, dia sanggup mengikuti. 

“Inilah alasan kita mengembangkan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan. Jadi penguatannya pada relevansi,” papar Dhani.

Dhani berharap, para kepala MA Plus Keterampilan mempunyai mental tata kelola yang baik untuk perkembangan institusinya. Menurutnya, seberapa baik pekerjaan, kalau tidak ditopang oleh administrasi, akan menjadi sebuah keleliruan.

“Tapi, seberapa buruknya itu, kalau ditutup dengan administrasi bagus, maka kita akan dianggap orang baik. Artinya, bayangkan bahwa ada kekuatan namanya tata kelola. Tata kelola akan menjamin banyak hal termasuk keselamatan kita,” pesan Dhani. 

“Jadi saya akan memberikan aksentuasi pada keselamatan kita, kita ingin bersama-sama selamat,” tutupnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: