kemenag Pendidikan Islam

Kemenag Minta Guru Kuasai Empat Hal Guna Tingkatkan Mutu Madrasah

Lingga (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama berkomitmen untuk memajukan pendidikan di seluruh Indonesia, termasuk di Bumi Bunda Tanah Melayu, Kabupaten  Lingga, Kepulauan Riau. Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Lingga M. Nasir kepada CPNS Kankemenag Lingga, di Lingga.

Kepada CPNS Baru Kankemenag Lingga, khususnya tenaga guru, M. Nasir menitipkan harapan kemajuan pendidikan di Bumi Bunda Tanah Melayu. “Mari kita majukan pendidikan di madrasah kita. Tantangan pendidikan ke depan sangat berat. Saudara semua dituntut bukan hanya mengajar tapi juga mendidik,” kata M. Nasir, Senin (10/06).

M. Nasir menuturkan, ada empat hal yang harus dikuasai oleh guru profesional guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, khususnya di Kabupaten Lingga. Pertama, perbanyak literatur. Guru harus memiliki banyak literatur. Semakin banyak literatur yang dimiliki, maka akan semakin banyak bahan pembanding.

“Tidak cukup buku pegangan yang ada di sekolah saja. Tapi harus mencari dan menambah sumber buku lainnya. Sehingga nanti akan menambah pengetahuan dan memperkaya ilmu yang sudah ada,” pesannya.

Kedua, guru profesional harus menguasai metodologi. Menurut Nasir, saat ini banyak metodologi dalam memberikan materi dan tindakan di kelas. “Pelajari dan pahami metode dalam mendidik yang baik. Sajikan materi dengan teknik yang menyenangkan sehingga siswa merasa nyaman dan mudah menerima pelajaran,” tambah M. Nasir.

Selanjutnya, M. Nasir menuturkan hal ketiga yang harus dikuasai guru profesional adalah teknologi. Guru juga perlu berhati-hati dengan teknologi. “Teknologi bisa memudahkan tapi bisa juga menjerumuskan. Tergantung kita memandang dan memanfaatkannya. Kita yang harus mengendalikannya. Jangan sampai kita yang dikendalikan teknologi,” ujarnya.

Perangkat teknologi diharapkan M. Nasir dapat memudahkan para guru untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, untuk membuat WhatsApp (WA) Grup antara orang tua murid dan guru guna memberikan informasi terkait perkembangan peserta didik.

“Guru menyampaikan hasil pantauan siswa selama sekolah, sedangkan orang tua melaporkan aktivitas anaknya di rumah kepada guru melalui saluran teknologi WA grup tadi,” jelasnya.

Hal keempat yang harus dilakukan guru adalah mengamalkan ilmu yang diajarkannya. “Dengan memahami dan menguasai keempat hal di atas dapat dipastikan rekan guru akan menjadi guru profesional di era milenial dalam pembentukan akhlak dan moral anak bangsa. Guru akan menjadi inspirator bagi rekan ASN lainnya. Semoga akan lahir guru-guru hebat dari Madrasah,” tutup M. Nasir. (zaid)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: