kemenag

Kemenag Minta Kanwil Fokus dengan Layanan Data

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama meminta Kantor Wilayah Kemenag Provinsi fokus pada layanan data. Untuk memudahkan layanan data ini, Biro Hubungan Masyarakat Data dan Informasi (Biro HDI) Kemenag kini tengah merancang penerapan program Ministry of Religious Affair One Search (MORA One Search).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro HDI Kemenag Mastuki saat memberikan materi pada kegiatan Penyusunan Bahan Publikasi, di Jakarta. “Untuk memudahkan layanan data ini,  kita tengah merancang penerapan program MORA One Serach. Sehingga dalam satu klik, masyarakat bisa mendapatkan seluruh data yang dibutuhkan dari instansi kita,” ucap Mastuki, Rabu (13/03).

Mastuki menguraikan, ketersediaan data yang valid dan reliable akan menentukan kualitas informasi yang dimiliki oleh Kementerian Agama. Adapun pengguna data dan informasi Kemenag terbagi dua. Yakni pengguna internal maupun eksternal.

Pengguna internal, kata Mastuki, berasal dari organisasi di Kementerian Agama. “Data dan informasi bagi pihak internal bermanfaat untuk dasar pengambilan kebijakan, dasar perencanaan progdam dan kegiatan. Maka penting agar data yang dimiliki betul-betul valid dan objektif,” imbuhnya.

Sementara pengguna eksternal, adalah publik masyarakat secara umum. “Data publik selain harus valid dan objektif juga harus dikemas dengan baik, menarik, simpel dan mudah untuk dipahami. Sehingga masyarakat sebagai pengguna data akan betul-betul puas dengan layanan data yang diberikan Kementerian Agama,” pesan Mastuki.

Untuk itu, Mastuki menambahkan, dibutuhkan soliditas seluruh aparatur Kemenag untuk terus menata dan melakukan updating data di lingkungan kerja masing-masing secara berkala, sehingga data yang dimiliki benar-benar valid dan objektif.

“Di seluruh tingkatan, baik pusat maupun daerah, mari jadikan tahun 2019 ini sebagai tahun sadar data, dan bergotong royong membenahi dan menata data-data ini,” ajak Mastuki kepada para peserta, yang merupakan pengelola data pada Kanwil Kemenag se-Indonesia dan unit eselon I pusat. (rahmat fauzi)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: