kemenag

Kemenag: Penguatan Moderasi Beragama Tegaskan Realitas Keragaman

Kemenag: Penguatan Moderasi Beragama Tegaskan Realitas Keragaman

  • Rabu, 14 Oktober 2020 11:41 WIB

Adlin Sila

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Penguatan moderasi beragama di Indonesia dinilai sangat penting. Sebab, penguatan moderasi beragama juga menegaskan realitas keragaman Indonesia. Untuk itu, Kementerian Agama terus memperkuat pengarusutamaan moderasi beragama.

“Penguatan moderasi beragama ini menegaskan realitas keragaman bahasa, budaya, dan agama yang telah menjadi identitas bangsa Indonesia. Ini memiliki nilai strategis dalam kancah dunia internasional,” kata Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balitbang Kementerian Agama (ikhlasberamalnews), Muhammad Adlin Sila, Rabu (14/10). 

Menurut Adlin, moderasi beragama bukan hal baru di Indonesia. Moderasi beragama bahkan sudah menjadi karakter bangsa dan ciri khas masyarakat Indonesia yang plural. Namun, moderasi beragama tetap harus diperkuat. 

“Penguatan harus kita suarakan lebih lantang. Makanya kita memilih kata penguatan. Kita memperkuat kembali yang sebelumnya mungkin lemah atau dilemahkan,” ucapnya. 

Kementerian Agama memiliki posisi  sentral untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Banyak upaya dilakukan, salah satunya menerbitkan buku moderasi beragama pada tahun 2019 yang diharapkan bisa menjadi panduan masyarakat. 

Meski nilai-nilai moderat sudah lama melekat di masyarakat Indonesia, Adlin berharap  masyarakat  moderat  tidak diam saja melihat adanya upaya untuk melemahkan moderasi beragama di Indonesia.  “Jadi jangan sampai kita disebut sebagai silent majority. Jadi kelompok mayoritas yang moderat ini jangan diam saja,” jelasnya.


Sumber : Balitbang-Diklat

Penulis : Kontri

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: