kemenag

Kemenag: Protokol Pencegahan Covid19 Diterapkan dalam Seleksi Petugas Haji Kemenag

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama tetap melaksanakan tes petugas haji untuk unsur Panitia Penyenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Tes yang akan berlangsung hari ini di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, diikuti sekitar 489 orang peserta. Mereka berasal dari unsur Kemenag, TNI/POLRI, media, dan unsur terkait lainnya. 

“Tes ini terpaksa harus tetap berlangsung, mengingat persiapan Penyelenggaraan Haji harus tetap berjalan, meskipun saat ini kita sedang menghadapi kejadian luar biasa covid-19. Karena kita tahu, tanggal wukuf yang menjadi puncak ibadah haji tidak bisa diubah. Maka tes ini harus tetap berjalan,” jelas Direktur Bina Haji Khoirizi, Rabu (18/03). 

Untuk itu, menurut Khoirizi, pihak panitia menerapkan protokol ketat dalam penyelenggaraan tes yang terdiri dari Computerized Assisted Test (CAT) dan wawancara. “Pertama, kita akan lakukan tes di dua gedung. Ini supaya jarak antara satu peserta dengan peserta yang lain agak berjauhan, dan menghindari kontak fisik,” ujar Khoirizi. 

Sementara tahapan wawancara yang sedianya dilakukan dengan cara tatap muka diubah dengan tes tertulis. 

Selanjutnya, peserta akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan tes. “Bagi peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, dengan berat hati tidak kami izinkan untuk mengikuti tes,” jelas Khoirizi. 

Ia menambahkan, selain menyiapkan petugas kesehatan yang siaga selama tes berlangsung, pihaknya juga menyiapkan fasilitas cuci tangan di setiap sudut tempat penyelenggaraan tes. “Kita siapkan hand sanitizer dan juga sabun cuci tangan, ” jelasnya. 

Khoirizi pun meminta kerjasama peserta dalam menjaga kesehatan. “Tahan diri untuk tidak melakukan kontak fisik. Bila telah selesai melaksanakan CAT, silakan langsung ke luar ruangan. Tetap jaga jarak fisik,” pesan Khoirizi.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: