kemenag

Kemenag Siapkan Harmony Award untuk Pemda Peduli Kerukunan

Kemenag Siapkan Harmony Award untuk Pemda Peduli Kerukunan

  • Rabu, 09 Oktober 2019 21:36 WIB

Cisarua (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang dinilai perhatian dengan program penguatan kerukunan.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Nifasri saat berbicara pada kegiatan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Cisarua Bogor, Rabu (09/10).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta. Hadir sebagai peserta, perwakilan organisasi masyarakat lintas agama.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan survey ke lapangan. Jika ada pemda yang  benar-benar menaruh perhatian terhadap kerukunan umat beragama, utamanya FKUB, maka akan kita berikan penghargaan bernama Harmony Award yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri Agama,” tegas Nifasri.

Menurutnya,  kepedulian Pemda dalam program penguatan kerukunan sangat penting. Sebab, menjaga kerukunan umat beragama menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya Pemerintah pusat. 

Namun, keseriuasan pemerintah daerah terkait ini belum merata. Nifasri mengakui bahwa ada pemda yang serius membina kerukunan umat. DKI Jakarta misalnya, serius memperhatikan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Setiap tahun, anggaran miliaran rupiah dialokasikan untuk penguatan kerukunan umat beragama melalui FKUB. 

Namun, katanya, belum semua pemda mempunyai perhatian yang sama. Padahal, pemerintah daerah berperan penting dalam menjaga kerukunan. Tugas Kementerian Agama, lebih sebagai fasilitator dan regulator. 

“Tahun depan kami akan melakukan pendekatan kepada Badan Kesbangpol di daerah-daerah yang pemerintah daerah setempat belum memberikan perhatian kepada FKUB. Sehingga ke depannya kerukunan umat beragama menjadi kesadaran bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat,” tandasnya. 


Sumber : PKUB

Penulis : Kontri

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr