kemenag

Kemenag Terus Matangkan Peraturan Turunan UU Pesantren

Kemenag Terus Matangkan Peraturan Turunan UU Pesantren

  • Selasa, 28 Juli 2020 22:04 WIB

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama terus mematangkan turunan dari Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Waryono meminta kepada tim penyusun agar serius menyelesaikan tugas ini.

“Pembahasan ini harus diintensifkan karena amanat membuat turunan dari Undang-undang Pesantren, maksimal 1 tahun. Jadi sebelum Hari Santri (2020), pembahasan ini harus selesai,” kata Waryono di Jakarta, Selasa (28/07).

Ada 11 pasal dalam undang-undang pesantren yang harus dijabarkan secara lebih detail dalam bentuk peraturan presiden dan peraturan menteri agama. Regulasi turunan dari UU Pesantren ini ditunggu masyarakat. Regulasi tersebut harus mendorong peningkatan mutu pendidikan di pesantren, sekaligus mendukung manajemen pengelolaan yang lebih baik.

“Banyak masyarakat yang bertanya, bagaimana kelanjutan turunan UU Pesantren, kapan selesainya,?” ceritanya.

“Masyarakat pesantren ini unik, tapi justru inilah tantangan kita. Karenanya perlu membuat pola baru dalam bekerja, yaitu cepat efektif dan efisien,” lanjutnya.

Pembahasan aturan turunan ini diikuti tim penyusun dari Direktorat PD Pontren, tim Biro Hukum Kementerian Agama, dan beberapa Kementerian terkait.


Sumber : Beta/Dit PD Pontren

Penulis : Maryani Abdul Muiz

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr