kemenag Pendidikan Islam

Kepala MAN 1 Kota Malang: Asrama SBSN Tunjang Peningkatan Prestasi Siswa

Malang (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama sejak 2015 memperoleh amanah untuk melakukan pembangunan sarana prasana pendidikan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Enam tahun berselang, program ini mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh lembaga pendidikan agama dan keagamaan, salah satunya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang.

Menurut Kepala MAN 1 Kota Malang Mohammad Husnan,madrasahnya kali pertama mendapatkan bantuan SBSN pada tahun 2018, untuk pembangunan gedung asrama.  Sekali menerima SBSN, MAN 1 Kota Malang diganjar SBSN award yang langsung diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. MAN 1 Kota Malang dinilai sukses mengelola dana SBSN, karena tepat pelaksanaan, tepat anggaran, dan tepat guna.

“Karena dinilai sukses, alhamdulillah pada 2019 MAN 1 Kota Malang mendapat bantuan SBSN lagi  untuk pembangunan asrama tiga lantai,” ujar Husnan di Kota Malang, Sabtu (05/12).

Kebutuhan asrama MAN 1 Kota Malang, kata Husnan, memang semakin meningkat. Sebab, siswa MAN 1 Kota Malang berasal dari berbagai daerah, misalnya: Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, bahkan Papua.

“Keberadaan asrama siswa yang dibangun dengan dana SBSN juga berdampak positif dan menunjang prestasi siswa dan kemajuan MAN 1 Kota Malang,” lanjutnya.

Husnan menjelaskan, setidaknya ada tiga manfaat besar dengan adanya asrama MAN 1 Kota Malang. Pertama, animo masyarakat menyekolahkan puta-putrinya di MAN 1 Kota Malang semakin meningkat. Pendaftar siswa baru sudah menembus angka 1.300 siswa. Padahal, kuota MAN 1 Kota Malang, hanya 350 siswa.

“Orang tua lebih senang dan tenang jika puta-putrinya tinggal di asrama, di samping aman dalam sisi pergaulan dan juga maksimal dalam belajarnya,” tuturnya.

Kedua, peningkatan mutu belajar para siswa, utamanya jurusan keagamaan. Sebab, mereka wajib tinggal di asrama (ma’had) sehingga banyak waktu untuk memperdalam ilmu, antara lain: Ushul Fikih, Musthalah Hadis, Ilmu Tafsir, Tahfidz, Nahwu Sharraf dan lain sebagainya dengan berbasis Kitab Kuning.

Ketiga, data MAN 1 Kota Malang mencatat bahwa siswa yang tinggal di asrama lebih banyak menyumbang prestasi, baik bidang akademik maupun non akademik, misalnya:
a). Juara 3 Nasional Lomba Syi’ar Anak Negeri  (Kerjasama Kemenag RI dan Metro TV) tahu 2020
b) Juara 2 Nasional KSMO Kemenag RI Bidang Biologi,
c) Juara Hararpan 1 Mayres (Madrasah Young Riset Super Camp) 2020
d) Juara 3 Tingkat Nasional Olimpiade Akuntansi di UGM Yogyakarta

e). Juara 1 Nasional Lomba Essai UIN Maliki Malang
f). Juara 3 Lomba Poster FEB Unair Surabaya
g) Juara 3 Nasional Musabaqah Syarhil Qur’an UIN Maliki Malang
h). Juara 3 Tingkat Internasional, International Robotic Compettion Dinas Pendidikan Jatim tahun 2020

i). Juara 3 National Bussiness Competition, ITS Surabaya
j). Juara 2 dan 3 Nasional Musabaqah Khattil Qur’an, Universitas Brawijaya Malang
k). Juara 2  Nasional Speech, Brawijaya English Tournament 2020
l). Juara 2 Nasional Lomba Fotografi Radiation Lakesma Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang 2020, dll.

Lulusan MAN 1 Kota Malang yang tinggal di asrama juga banyak diterima di perguruan tinggi favorit, baik dalam maupun luar negeri. Untuk perguruan tinggi dalam negeri antara lain UI, UGM, Unair, ITS, UIN, dan IPDN. Untuk perguruan tinggi luar negeri, di antaranya: Universitas Al Azhar Kairo Mesir, serta sejumlah perguruan tinggi di Jerman, China, dan Taiwan.

“Keberadaan asrama yang dibangun dari SBSN terbukti membawa manfaat besar bagi kemajuan Madrasah, terutama dalam membangun karakter peserta didik dengan ajaran Islam yang moderat dan rahmatan lil alamin,” jelas Husnan.

“Terima kasih kepada Kemenkeu, Bappenas, dan Kemenag atas kepercayaannya terhadap MAN 1 Kota Malang untuk mengelola dan memanfaatkan Dana SBSN,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: