kemenag Pendidikan Islam

Khazanah, Juara Syiar Anak Negeri 2019

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Group nasyid Khazanah dari MAN 1 Palembang berhasil menjuarai program Syiar Anak Negeri tahun 2019. Program ini diselenggarakan atas kerjasama Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan Metro TV.

Group Nasyid Khazanah berhasil mengungguli Elnida Voice asal MAS YPP Jamanis dan LI MAA asal MAN 2 Kudus, pada grand final yang dihelat di grand studio Metro TV, Sabtu (25/05).

Di antara tiga group,  Khazanah mendapat nilai tertinggi dari dewan juri yang terdiri dari perwakilan Kemenag (Kamaruddin Amin), perwakilan MUI (Kholil Nafis), vokalis Justice voice (Faris), dan penyanyi (Iyet Bustami).

Sebagai juara, Khazanah mendapatkan hadiah berupa uang sejumlah Rp100 juta, beasiswa pendidikan, dan umrah. Sementara Elnida yang menjadi juara dua mendapatkan hadiah sebesar Rp75 juta dan beasiswa pendidikan. Sedang Li Maa mendapatkan hadiah Rp50 juta dan beasiswa pendidikan.

Bagi anggota group Nasyid Khazanah, berkesempatan tampil dalam ajang nasional seperti itu memberikan mereka pengalaman baru. “Kami tidak hanya tentang teknik nasyid, tetapi juga tentang koreografi yang baru dan belom pernah kami ketahui sebelumnya,” Hendra Setiawan, salah satu personil Khazanah.

Selain itu, keberuntungan juga mereka dapatkan dari mentor yang berlevel nasional. Untuk materi dakwah, mereka dimentori oleh tim dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. Sedang untuk aransemen lagu, mereka dimentori oleh tim dari Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN).

Syiar Anak Negeri merupakan ajang pencarian bakat yang diadakan setiap bulan suci Ramadan. Ajang ini dirancang untuk mencari bakat dari anak-anak madrasah dalam olah vokal dan berdakwah.

Program Syiar Anak Negeri 2019 dilaksanakan mulai 4 – 25 Mei, diawali dengan proses karantina peserta dari seluruh nusantara. Peserta yang masuk karantina merupakan peserta hasil seleksi dari enam kota besar yang dilaksanakan di kampus UIN di masing-masing kotanya. Keenam kampus tersebut adalah UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Alauddin Makassar, UIN Antasari Banjarmasin dan UIN Sumatra Utara.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: