kemenag

Lima Kampanye Kerukunan untuk Moderasi Beragama Ala Kemenag Sumut

Medan (ikhlasberamalnews) — Berbagai cara dilakukan Kementerian Agama untuk terus menggaungkan moderasi beragama di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya dengan mengkampanyekan lima nilai kerukunan yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara. 

“Kampanye kerukunan ini kita lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program moderasi beragama yang digaungkan Menteri Agama,” kata Kakanwil Kemenag Sumut Iwan Zulfahmi, di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, di Kota Medan,  Senin (16/03). 

“Kampanye kerukunan pertama, manusia adalah umat yang satu, mari hidup berdampingan dengan rukun dan damai,” jelas Iwan. 

Kampanye kerukunan kedua lanjut Iwan Zulhami, adalah menjaga kerukunan tugas dan tanggung jawab, karena kerukunan adalah kebutuhan bersama.

Ketiga, menjaga kerukunan dimulai dengan tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan kerawanan.

“Keempat, tingkatkan kerukunan dengan Moderasi Bergama. Dan kelima, Rukun itu indah ketika dirasakan dan untuk dikenang,” ujar Iwan.

Ia menambahkan dalam mendukung dan mengalakkan lima kampanye kerukunan tersebut pihaknya melibatkan segenap infrastruktur mulai dari guru madrasah, penyuluh, KUA, ASN Kemenag hingga para tokoh agama dan tokoh adat di Sumatera Utara.

Menurut pria yang memiliki julukan “Birokrat Beton”  ini kerukunan umat di Provinsi Sumatera Utara adalah sebuah keniscayaan.

“Seperti yang selalu disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi bahwa agama hadir untuk memanusiakan manusia. Moderasi Beragama merupakan jalan tengah agar umat Beragama tidak terjebak kepada ektremisme dan radikalisme,” ungkap Iwan.

“Alhamdulillah semangat kerukunan antar umat bergama di Sumut berjalan baik atas dukungan FKUB dan pemerintah provinsi serta Kabupaten/Kota” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: