kemenag

Lima Pesan Menag Kepada Para ‘Sufi Milenial’ Matan

Makassar (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi membuka Silaturahmi Nasional Mahasiswa Ahluth Thariqah Al-Mu’tabarah An Nahdliyah (Matan) di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin malam (02/03). Acara ini diikuti para ‘sufi milenial’, tepatnya mahasiswa pengamal thariqah.

“Saya ingin berpesan kepada peserta Silatnas untuk merumuskan agenda agenda penting berbangsa,”  kata Menag.

Ada lima pesan yang disampaikan Menag. Pertama, rumuskan dengan baik model dakwah Islam yang mengedepankan cara-cara sufistik yang damai dengan pendekatan kasih-sayang dan cinta, yang saat ini kurang terlihat.

Kedua, melalui Matan, generasi muda utamanya mahasiswa millenial harus mengambil peran di antaranya mengisi konten-konten narasi Keagamaan yang inklusif, damai dan toleran terutama di media sosial

Ketiga, jadikan Matan sebagai rumah bersama anak bangsa untuk menjaga Indonesia sekaligus menjaga agama. “Antara kebangsaan dan keagamaan tidak perlu dipertentangkan,” pesannya.

Keempat, jadikan Matan sebagai laboratorium kepemimpinan yang efektif, tempat lahirnya para pemimpin yang mencintai agama sekaligus mencintai bangsanya, bukan pribadi yang terbelah.

Kelima, Matan menjadi tempat bersemainya kader-kader yang mempunyai kapasitas dan kualitas yang mampu menjawab kebutuhan bangsa. Profil generasi pekerja keras, Jujur, tanggungjawab dan mempunyai kepekaan sosial.

“Saya ucapkan selamat ber-Silatnas. Semoga gagasan dan pemikiran yang tumbuh dan berkembang di kalangan anak muda dapat dirumuskan dan diimplementasikan untuk kemanfaatan kehidupan keagamaan dan kebangsaan,” kata Menag.

Silatnas ini mengangkat tema, “Matan Berdaya, Indonesia Maju’. Silatnas dihadiri Pimpinan Pusat Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah Habib Luthfi bin Yahya, Pimpinan Khalwatiyah Syaikh Yusuf al-Makassary Al-Habib Syaikh Sayyid Abd Rahim Assegaf Puang Makka, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: