kemenag

Ma'had Al-Jamiah IAIN Purwokerto Jalin Kemitraan dengan 30 Pesantren

Ma’had Al-Jamiah IAIN Purwokerto Jalin Kemitraan dengan 30 Pesantren

  • Jum’at, 06 Maret 2020 18:46 WIB

Kampus IAIN Purwokerto (Foto:Fkusuma)

Purwokerto (ikhlasberamalnews) — Rektor IAIN Purwokerto Moh Roqib mengatakan dalam meningkatkan minat baca dan tulis Al Quran bagi mahasiswa, pihaknya menjalin kemitraan dengan 30 Pesantren se Banyumas Raya.

Hal ini disampaikan Rektor IAIN Purwokerto di hadapan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat membuka gelaran Focus Group Discussion (FGD) Moderasi Beragama sekaligus Launching Rumah Moderasi Beragama di IAIN Purwokerto.

Launching Rumah Moderasi Beragama IAIN Purwokerto ditandai dengan penandatanganan sertifikat oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

“Kemitraan dengan 30 Pondok Pesantren ini untuk membekali mahasiswa yang bukan berasal dari Madrasah dan Pondok pesantren di IAIN Purwokerto,” kata Moh Roqib, Jumat (06/03).

“Jangan sampai ada alumni IAIN Purwokerto tidak mampu baca tulis Alquran,” sambungnya.

Menurut Moh Roqib, kemitraan dengan pesantren ini sudah berjalan sejak lima tahun terakhir, lewat pendirian Ma’had Al Jamiah di IAIN Purwokerto.

Ma’had Al-Jamiah IAIN Purwokerto bekerjasama dengan Pesantren di sekitar kampus mewajibkan mahasiswanya nyantri.

“Alhamdulillah kemitraan ini masih terus kami lakukan dengan berbagai inovasi dan pengembangan. Hasilnya sudah bisa kita lihat, termasuk akhlatul karimah mahasiswanya,” ujar Moh Roqib.

Sebelum ada program kemitraan dengan pesantren, banyak mahasiswi IAIN Purwokerto yang mengenakan pakaian ketat. “Alhamdulillah sekarang tidak ada lagi mahasiswi kami yang mengenakan pakaian ketat,” sebut Moh Roqib bangga.

Ia menambahkan IAIN Purwokerto sudah ada dan berdiri sejak tahun 1964. Perguruan tinggi keagamaan masyarakat Banyumas Raya ini diresmikan oleh KH Saifuddin Zuhri, Menteri Agama saat itu.

“Status IAIN beralih dari cabang Yogyakarta ke Semarang, kemudian mandiri dan menjadi IAIN sekitar lima tahun yang lalu. Saat ini dalam proses transformasi menjadi UIN Saifuddin Zuhri. Mohon doanya dan dukungan Pak Wakil Menteri Agama,” harap Moh Roqib.


Sumber : –

Penulis : benny andriyos

Editor : Khoiron

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: