kemenag

Menag Apresiasi Pusat Studi Moderasi Beragama UIN Sumut

Medan (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi keberadaan Pusat Studi Moderasi Beragama (PSMB) yang dikembangkan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Sesuai namanya, Menag berharap PSMB bisa menjadi ruang belajar masyarakat, khususnya mahasiswa dalam memahami moderasi beragama.

“Konsep Pusat Studi Moderasi Beragama di UIN SU sangat bagus,  sehingga dapat menjadi tempat belajar tentang apa itu moderasi beragama,”  kata Menag saat memberikan pembinaan kepada civitas akademika UIN Sumut sekaligus pengukuhan pengurus PSMB di Medan, Rabu (09/12).

Hadir, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Agussani, serta keluarga besar ASN UIN Sumut.

Menurut Menag, konsep moderasi tidak hanya untuk umat Islam, tapi untuk semua penganut agama. Aspek yang dimoderasi adalah cara beragama masyarakat, bukan agamanya. Menag juga mengapresiasi kerukunan di Sumatera Utara terjalin dengan baik, meski masyarakatnya sangat majemuk.

“Tentu saja semua agama dan penganutnya meyakini  agamanya benar, itu harus dihormati. Hanya saja dalam kehidupan sosial bersama, bagaimana kita rukun, menjaga NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang Undang Dasar 1945,” jelasnya.

Menag berharap, ASN UIN Sumut menjadi garda terdepan dalam mengembangkan sikap moderat, disiplin dalam bertugas, menguatkan wawasan kebangsaan, serta tidak menjadi pengembang benih-benih perpecahan. “Ke depan, saya berharap Pusat Studi Moderasi Beragama di UIN Sumut ini dapat menjadi tempat candradimuka para mubalig, penyuluh, dan guru-guru yang moderat dalam mengajarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” tuturnya.

Kepada jajarannya di UIN Sumut,  Menag secara khusus berpesan untuk terus meningkatkan kinerja dan menjauhi segala bentuk praktik korupsi. “Kerja yang baik dan jauhi korupsi. Tidak boleh ada bangunan yang mangkrak,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: