kemenag

Menag Buka Lomba Dakwah dan Cerdas Tangkas Haji-Umrah

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi mewakili Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin membuka Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah. Kompetisi ini berlangsung di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami, Jalan Ulujami Raya 86 Pesanggarahan Jakarta Selatan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya buka acara Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah di Pondok Pesantren Darunnajah ini. Selamat berkompetisi semoga membawa berkah bagi kita semua,” kata Menag Fachrul Razi, Sabtu (07/03).

Di hadapan ribuan santri dan peserta lomba, Menag mengapresiasi gelaran yang diinisiasi Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI). Menag harap even ini  dapat melahirkan generasi-generasi bangsa yang berilmu dan beriman.

“Generasi bangsa yang cerdas, tangkas, sangat kita butuhkan,” kata Menag.

Menag foto bersama di Ponpes Darunnajah (foto: Rusydi Sani)

Menag menjelaskan, dalam kehidupan ini, dibutuhkan generasi bangsa yang jangan hanya mengenali masalah, tapi juga memecahkan masalah. “Dalam kehidupan di dunia ini, kita dihadapkan dengan lomba dan kompetisi. Oleh sebab itu, kita harus belajar berkompetisi untuk memenangkan persaingan,” tegas Menag.

Menag menganalogikan, ketika Kementerian Agama membuka penerimaan siswa baru Mardrasah Aliyah Negeri Islam Cendekia (MAN IC), ada 17.700 pendaftar, sementara yang diterima hanya 1.700 siswa. Ini menggambarkan betapa tingginya persaingan agar dapat masuk sekolah di MAN IC.

“Di dunia itu peminat lebih besar dan peluangnya lebih kecil. Semoga semua peserta lomba Dakwah dan Cerdas Tangkah haji dan Umrah ini bisa bersaing sehat. Mudah-mudahan menjadi pemimpin di masa mendatang,” terang Menag.

Menag merasa bangga bisa hadir di Pesantren Darunnajah dan berada di tengah-tengah santri dan para kyai. Sebab dengan berada di Pesantren dapat mendatangkan ketenangan dan kebanggaan. Dikarenakan, pesantren dapat melahirkan generasi yang memiliki iman, ilmu dan iptek yang tinggi.

“Generasi masa depan Islam, dialah yang mempunyai wawasan keislaman tinggi,” tambah Menag.

Ketua FKAPHI Affan Rangkuti saat memberikan laporan (Foto: Rusydi Sani)

Ketua FKAPHI Affan Rangkuti melaporkan bahwa acara Lomba Dakwah haji dan Cerdas Tangkas Haji Umrah ini untuk memperkokoh ukhuwwah Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan pesantren dalam dakwah sepanjang tahun. Selain itu juga untuk melakukan pembinaan, pelayanan, kemandirian para calon jamaah haji dan dakwah secara umum.

“Acara lomba dakwah haji diikuti 25 orang, sementara lomba Cerdas Tangkas Haji dan Umrah diikuti 22 regu. Mereka terdiri dari profesi guru, ustaz/ah, guru PAUD, MTs, MA dan masyarakat umum,” kata Affan Rangkuti.

Tampak hadir dalam acara Direktur Bina Haji selaku Ketua Dewan Pembina dan Pendiri Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Khoirizi Dasir, Ketua Yayasan Darunnajah KH Hadiyanto Arief, dan para pengurus Ponpes Darunnajah serta santri/wati.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: