kemenag Zakat dan Wakaf

Menag Dorong Baznas Audiensi ke Presiden terkait Perpres Zakat ASN

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serahkan zakat ke BAZNAS, Selasa (7/4) (Foto: Sugito)

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima silaturahim pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kantor Kementerian Agama. Menag mendorong Baznas untuk beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo terkait Pengesahan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Zakat melalui Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Segera lakukan audiensi ke Presiden jika sudah matang seluruh komponennya,” ujar Menag usai menyerahkan zakatnya di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (07/05).

Sebelumnya, Wakil Ketua BAZNAZ, Zainulbahar Noor, menyampaikan bahwa Baznas berharap Presiden dapat segera mengesahkan Perpres Zakat melalui ASN. “Meski tidak ditentukan besaran nominal zakat, tetapi dalam aturan itu akan diwajibkan zakat bagi para ASN,” kata Zainulbahar.

“Kita bisa meminta ASN untuk sisihkan uang gaji untuk zakat. Keppres tentang pengambilan zakat secara sukarela dicetuskan dari Kementerian Keuangan,” papar Zainulbahar

Menurut Zainulbahar, target penghimpunan zakat di Indonesia belum memenuhi target. Potensi dana zakat di Indonesia mencapai Rp200 triliun. Namun, dari tahun ke tahun, dana zakat yang bisa dihimpun masih di bawah Rp 10 triliun. Melalui Perpres ini, diharapkan penghimpunan dana zakat akan mengalami peningkatan. Kementerian Agama selama ini menjadi salah satu penyetor zakat terbesar, selain TNI dan Polri.

Selain menerima penyerahan zakat dari Menteri Agama, Baznas juga menyerahkan Kartu NIP BAZNAZ versi baru. “Fungsi kartu ini diperluas. Jadi tidak hanya sebagai kartu anggota, tapi sudah di link menjadi kartu multi guna. Bisa digunakan sebagai kartu e-money dengan segala kegunaannya,” tutur Zainulbahar.

Hadir mendampingi Menteri Agama, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Fuad Nazar, Kepala Biro Keuangan Muhammad Ali Irfan. (Ida)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: