kemenag

Menag Harap ICMI Jadi Benteng Moderasi Beragama

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi mengharapkan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) agar dapat menjadi benteng moderasi beragama. Hal ini disampaikan Menag saat memberikan sambutan pada Zoom Meeting Rapat Majelis Pimpinan Paripurna (RMPP) ICMI se Indonesia.

“Pentingnya ICMI menjadi benteng bagi Moderasi Beragama,” kata Menag, Kamis (23/07).

Menag menyampaikan bahwa peran agama sangat penting dalam menjaga persatuan bangsa menuju masa emas Indonesia.

Menurutnya, ada tiga masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, yakni; pertama, munculnya kelompok yang mempertanyakan konsensus kebangsaan yang telah disepakati oleh the founding father dengan mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Kedua, lanjut Menag, munculnya kelompok lain, di mana ada kelompok yang mudah mengkafir-kafirkan (takfiri) dan itu menghiasi berbagai media.

“Dan yang ketiga, adalah munculnya kelompok masyarakat yang kurang peduli pada situasi bangsa saat ini,” ujar Menag.

“Dengan kemajuan teknologi informasi dan globalisasi saat ini, telah memudahkan semuanya dan di sisi lain juga menyulitkan kita dalam memilih informasi atau berita hoax,” tambahnya.

Menurut Menag,  tiga hal persoalan bangsa tersebut, tidak bisa dibiarkan, karena akan merusak tatanan kebangsaan, dan mengganggu solidaritas bangsa.

“Terlebih ditengah pandemi covid-19, selayaknya kita ditutut untuk bersatu membangun bangsa,” ujarnya.

Menag menandaskan, agama sangat mulia menjadi dasar berbangsa. Sila pertama telah menjadi jiwa bagi sila lainnya.

“Agama juga menganjurkan untuk mencintai bangsanya. Bukan menjadi pribadi yang terbelah, harus saling mengisi satu sama lain ditengah persaingan global,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, kesadaran untuk membangun bangsa itu penting dan menjadi cita-cita bersama. Pada sisi ini, pentingnya ICMI menjadi benteng bagi Moderasi Beragama. Wacana agama melalui pisau analisis para cendikiawan di Indonesia.

“Melaui RMPP ini dapat memajukan Indonesia. ICMI menjadi piranti penting dalam menjaga kerukunan beragama,” ucap Menag.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: