kemenag

Menag Lantik Pengurus BPMI Periode 2020-2024

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi melantik pengurus Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) masa bhakti 2020-2024. Pelantikan berlangsung di ruang OR kantor Kementerian Agama jalan Lapangan Banteng Barat nomor 3-4 Jakarta Pusat.

“Syukur alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan pelantikan pengurus badan pengelola masjid istiqlal periode 2020-2024. Pelaksanaan acara hari jumat ini bertepatan dengan dimulainya adaptasi tatanan normal baru masa pandemi covid-19,” kata Menag Fachrul Razi saat memberikan amanat kepada pengurus BPMI yang dilantik, Jakarta, Jum’at (05/06).

Dikatakan Menag, pemerintah sesuai Surat Edaran Menteri Agama dan sesuai kondisi wilayah setempat, telah membuka kembali kegiatan keagamaan di rumah ibadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menag menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2019 tentang pengelolaan Masjid Istiqlal yang merupakan penyempurnaan dari Keputusan Presiden Nomor 38 Tahun 1994, pengelolaan Masjid Istiqlal bertujuan mewujudkan masjid negara ini sebagai; pusat kegiatan ibadah dan pusat kegiatan muamalah.

Kegiatan tersebut meliputi: 1) pendidikan terutama akidah, syariah, dan akhlak; 2) informasi Islam; 3) dakwah; 4) konsultasi hukum islam; 5) Kegiatan sosial; dan 6) pemberdayaan umat. Pengelolaan masjid istiqlal dilakukan oleh dewan pengarah, imam besar, dan badan pengelola.

“Saya menggarisbawahi pengelolaan masjid negara harus profesional dengan manajemen modern yang transparan dan akuntabel untuk kemajuan dan kerukunan umat,” kata Menag.

Sejak tahun lalu, lanjut Menag, pemerintah melakukan renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin nyaman bagi para jamaah dalam beribadah. Melalui renovasi, bukan hanya semakin mentereng bangunan fisiknya, tapi diharapkan semakin berkembang fungsi masjid yang bersifat non-fisik.

Membangun dan memperbarui bangunan fisik tentu lebih mudah dibanding membangun jamaah Masjid. Sampai saat ini, masih banyak umat Islam yang menganggap masjid hanya sebagai tempat salat. Padahal masjid memiliki multifungsi yang saling berkaitan satu sama lain dan bermuara pada kualitas umat dari sudut keimanan, keislaman dan keihsanan.

Dari hal itu, menurut Menag, manajemen masjid adalah kunci terciptanya pengelolaan masjid yang paripurna. Selain itu, perlu diperhatikan, persatuan dan persaudaraan umat harus dibangun dari masjid. Dari masjidkah pula pembangunan karakter sosial umat islam harus dimulai dalam semangat berjamaah dan berukhuwah.

Adapun pengurus BPMI periode 2020-2024 yang dilantik adalah :

Ketua Harian : KH. Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA

Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan : KH. Bukhori Sail Al- Tahiri, LC, MA

Wakil Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan : H. Abu Hurairah Abd Salam, LC, MA

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan : H.M Faried Saenong, MA, M.Sc, Ph.D

Wakil Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan : Dr. H Mulawarman Hannase, Lc, M.Hum

Kepala Bidang Riayah : Irjen Pol (P) Dr. H. M Said Saile, M.Si

Wakil Kepala Bidang Riayah : Ir. Temmy Her Pratama

Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat : Laksamana TNI (Purn) Asep Saepudin

Wakil Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat : Prof. Sri Mulati, MA, PhD

Kepala Sekretariat : H. Mubarok, SH, M.Si

Tampak hadir dalam pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dan pejabat Kemenag lainnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: