Hindu kemenag

Menag Lukman Akan Buka Jampanas V di Bali

Denpasar (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin direncanakan membuka Jambore Pasraman Tingkat Nasional (Jampanas) V di Denpasar, Bali. Dari Rundown acara yang diterima Humas dari panitia, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka acara pada hari Rabu (03/07) pukul 19.30 WITA.

Jampanas  ini akan berlangsung mulai 2 hingga 7 Juli mendatang yang diikuti sekitar seribu peserta mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA dari seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dirjen Bimas Hindu I Wayan Sutresna, dalam jumpa pers Jampanas V, Selasa (02/07) di Denpasar, Bali.

Menurut Ketua panitia I Wayan Budha mengatakan even tiga tahunan ini menjadi program unggulan Ditjen Bimas Hindu dan akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba di antaranya Lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Outbound, Lomba Dharmawidya (Cerdas Cermat). Selain itu, ada juga kegiatan Pendalaman/Pembinaan dalam bentuk Sarasehan serta tirtayatra ke Pura Besakih.

Jampanas V ini mengangkat tema “Jambore Pasraman Tingkat Nasional V Tahun 2019 Sebagai Wahana Meningkatkan Kepekaan dan solidaritas untuk Kesadaran Generasi Muda Hindu dalam Tanggung Jawab Membangun Masa Depan Bangsa”.

Sekretaris Dirjen Bimas Hindu I Wayan Sutresna menyatakan bahwa pendidikan keagamaan Hindu yang dilaksanakan pada setiap Pasraman di Indonesia memiliki karakteristik yang sangat khas dan berbeda-beda. Kekhususan itu terletak pada diberinya ruang pada pengaruh adat atau budaya keagamaan yang berkembang pada daerah tertentu. Karenanya melalui Jampanas diharapkan ajaran agama dapat diimplementasikan dan dikolaborasikan dengan adat dan budaya setempat.

“Kita berharap Jambore Pasraman mampu menjadi media dalam menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan, kepedulian, dan cinta Tanah Air serta semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Dengan demikian peserta didik Pasraman kelak dapat tampil dalam barisan terdepan, dan bertanggung jawab membangun masa depan bangsa ini menuju Indonesia yang lebih baik,” kata I Wayan Sutresna.

I Wayan Sutresna juga menyampaikan bahwa iklim kompetisi dalam Jambore Pasraman dapat dijadikan tiang pancang untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas, moral dan etika dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Jampanas.

Selain itu, I Wayan Sutresna menginginkan Jampanas V Tingkat Nasional ini bisa mencapai sasarannya yaitu mampu mendorong dinamika generasi muda Hindu menjadi lebih dinamis, eksploratif dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan, memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun kejayaan negara, memupuk rasa tanggung jawab (sense of belonging), dan rasa kepedulian (sense of responsibility).

“Kesadaran ini harus dibangun sejak dini, dipupuk secara terus menerus dan berkesinambungan untuk memperkuat rasa kebersamaan semua tunas bangsa. Melalui Jambore Pasraman, segenap siswa Pasraman di seluruh Indonesia diharapkan akan tumbuh berkembang menjadi cahaya bagi lingkungan, menjadi penerang bagi agama, bangsa dan negara atau cahaya religius bagi bangsa Indonesia,” tutup I Wayan Sutresna.

Dari pantauan Humas, sejak sore hari, Selasa (02/07) peserta yang akan mengikuti Jampanas V tingkat Nasional ini sudah melakukan registrasi di hotel Aston yang menjadi lokasi acara. Di antaranya tampak peserta dari utusan Provinsi Gorontalo, Sumatera, dan Kalimantan.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: