kemenag

Menag Minta PTKIN Terdepan Kampanyekan New Normal

Menag Minta PTKIN Terdepan Kampanyekan New Normal

  • Senin, 15 Juni 2020 15:47 WIB

Foto: Sugito

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi meminta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menjadi pihak terdepan yang mengkampanyekan tatanan kehidupan normal baru (new normal). Hal ini dikemukakan Menag saat bersilaturahmi secara virtual dengan Forum Rektor PTKIN se-Indonesia. 

“Saat ini masyarakat kita mulai memasuki tatanan kehidupan normal baru dalam menghadapi Covid-19. Di perguruan tinggi ini, kita jadi orang terdepan lah untuk mengkampanyekan peradaban baru ini,” ujar Menag, Senin (15/06). 

Menag menyampaikan,  sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menuju masyarakat produktif aman covid, PTKIN juga harus melakukan adaptasi-adaptasi dalam proses pembelajaran. “Pembelajaran dalam jaringan (daring) yang sebelumnya menjadi salah satu alternatif, pada kondisi pandemi covid-19 saat ini mungkin bisa mejadi pilihan utama. Hal ini untuk mencegah meluasnya penyebaran virus,” kata Menag. 

Selain itu, Menag juga mengingatkan tentang salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang saat ini  perlu menjadi perhatian PTKIN, yakni unsur pendidikan dan pengajaran. “Dalam proses pengajaran ada proses transfer ilmu pengetahuan, sementara pendidikan juga mengandung makna pembinaan dan penanaman nilai-nilai,” kata Menag. 

Menurutnya, di sini PTKIN harus memainkan perannya dalam mewujudkan peserta didik yang bukan saja pintar tapi juga berakhlak mulia. “Kita berharap PTKIN mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan serta akhlak terpuji,” pesannya. 

“Dengan demikian, semoga Islam menjadi pelopor terdepan untuk menunjukkan akhlak terpuji. Semoga dengan itu, Indonesia bisa lebih maju,” imbuh Menag.


Sumber : –

Penulis : Indah Limy

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: