kemenag

Menag Resmikan Institut Daarul Qur'an, Tangerang

Tangerang (ikhlasberamalnews) – Menteri Agama Fachrul Razi hari ini, Kamis (05/03) meresmikan Institut Daarul Qur’an yang berada di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Menag dalam kesempatan tersebut menyerahkan Surat Keputusan Menag RI tentang  Izin Pendirian Institut Daarul Qur’an yang diterima pimpinan Daarul Qur’an Ustaz Yusuf Mansyur, sekaligus menandatangani prasasti peresmian. 

“Alhamdulillah, pada hari ini kita bersama-sama menyaksikan peresmian Institut Daarul Qur’an ini. Semoga dengan diresmikannya Institut ini memberikan kemaslahatan dan kontribusi nyata dalam membangun negara yang kita cintai ini,” ujar Menag.

Institut Daarul Qur’an saat ini membuka Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 

Menag menaruh harapan besar pada mahasiswa Institut Daarul Qur’an  untuk senantiasa memiliki mentalitas yang sangat baik. 

“Jiwanya selalu disinari oleh Al Qur’an. Fikirannya selalu diasah untuk mengungkap 
makna dan kandungan dalam Al Qu’ran,” harap Menag. 

“Perilakunya akan dituntun oleh Al Qur’an. Tentu, semangatnya juga tidak pernah lapuk, dan tidak mudah tergoyahkan, sebagaimana Al Qur’an,” lanjutnya.

Kepada civitas akademika Institut Daarul Qur’an,  Menag menyampaikan sejumlah harapannya.

“Pertama, tolong rumuskan secara matang, kaji secara teliti, dan jadikan sebagai khittah dari Institut  Daarul Qur’an ini, Apa yang membedakan antara Institut Daarul Qur’an dibanding dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi lainnya?” Apa distingsinya, sehingga ketika masyarakat luas mendengar atau melihat Institut Daarul Qur’an maka segera tergambar dalam benak masyarakat itu ada sesuatu yang dinilainya sebagai keunggulan tersendiri,” terangnya.

Kedua, Menag mendorong agar penguatan akademik dan semangat keislaman dalam dunia perguruan tinggi, dalam hal ini melalui Institut Daarul Qur’an, menjadi penguat dalam memperkokoh ideologi kebangsaan. Keilmuan, keislaman, dan kebangsaan satu sama lain. Saling mengafirmasi dan menguatkan, bukan menegasikan dan/atau melemahkan. 

“Ini penting saya tekankan,” tandasnya.

Ketiga, Menag menekankan untuk memperkuat mutu pendidikan tinggi kita. Menurutnya, Institut Daarul Qur’an harus berkualitas, harus bermutu. Bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional.

Tampak hadir, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, pimpinan Pesantren Daarul Qur’an Ustaz Yusuf Mansyur, Walikota Tangerang Arif Rachadiano Wismansyah, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Suhaili, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Arskal Salim, Staf Khusus Menag  Ubaidillah Amin Moch, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: